Kenaikan Harga BBM Diumumkan Pukul 22.00 WIB

by
June 21st, 2013 at 5:02 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Meski sudah disepakati bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) akan naik, hingga saat ini pemerintah belum juga mengumumkannya. Kabar terbaru menyebutkan bahwa kenaikan harga BBM akan diumumkan pada Jumat (21/6/2013), malam ini.

SPBU Pertamina

SPBU – Tempo.co

“Akan diumumkan bersama malam ini, sebanyak-banyaknya menteri hadir,” kata Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet di Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Menurut Jero, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memutuskan untuk menaikan harga BBM. Nantinya, kewenangan urusan harga BBM akan dipegang oleh Menteri ESDM selaku pihak yang ditunjuk SBY.

“Karena sudah Keppres, urusan harga BBM diserahkan kepada Menteri ESDM,” katanya.

Sementara itu seperti diberitakan detik.com, pihak Kementerian Koordinasi Perekonomian menuturkan bahwa pengumuman kenaikan harga BBM akan disampaikan sekitar pukul 22.00 – 23.00 WIB malam nanti.

“Pengumuman kenaikan harga BBM dilakukan hari ini (Jumat, 21 Juni) di kantor Menko Perekonomian (Hatta Rajasa) pukul 22.00 WIB,” demikian informasi yang dilansir Kementerian Koordinasi Perekonomian, seperti dikutip dari detik.com.

Selain itu, para menteri yang hadir juga akan membahas masalah mekanisme pencairan dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM/Balsem). Dana ini nantinya akan digunakan pemerintah untuk membantu masyarakat miskin sebagai ganti subsidi BBM.

“BLSM sudah siap di hari Sabtu (22/6/2013) di 14 kota besar, minus Bandung ya. Bandung hari Senin ya,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana.

Menurut Armida, sudah ada sekitar 15,5 juta rumah tangga sasaran (RTS) yang akan menerima transferan dana BLSM setelah harga BBM dinaikan. BLSM tahap pertama akan diberikan hingga bulan Juli 2013.

Kenaikan harga BBM subsidi sudah disepakati oleh para anggota DPR pada rapat beberapa hari lalu. Dengan demikian harga premium akan naik jadi Rp 6.500 per liter, sementara solar Rp 5.500 per liter.

(YG)

Comment di sini