Kenaikan Harga BBM Mulai Berlaku Besok?

by
June 21st, 2013 at 11:06 am

Jakarta (CiriCara.com) – Setelah sempat terombang-ambing,  pemerintah secara eksplisit menyatakan bahwa kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai diberlakukan mulai esok hari.

Harga BBM naik esok hari / Tribunnews

Harga BBM naik esok hari / Tribunnews

Diberitakan oleh Tempo.co, pemerintah mengatakan bahwa kenaikan harga BBM bersubsidi akan berlaku mulai Sabtu, 22 Juni 2013 pukul 00.00 WIB.

Djoko Siswanto selaku Direktur Bahan Bakar Minyak Badan Pengatur Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyatakan keputusan kenaikan harga ditetapkan setelah dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) disalurkan melalui sistem transfer bank.

Rencananya dana BLSM sudah bisa dibagikan mulai esok hari di 14 kota besar di Indonesia.

Menurut hasil rapat paripurna APBN-Perubahan yang disetujui oleh DPR RI pada Senin, 17 Juni 2013 lalu, harga jual bahan bakar jenis premium akan naik sebesar Rp. 2.000 menjadi Rp. 6.500 per liter dan solar naik Rp. 1.000 menjadi Rp. 5.500 per liter.

Sebelumnya pemerintah mengatakab bahwa kenaikan harga bahan bakar tersebut ditujukan untuk menekan subsidi BBM dari Rp. 297 triliun menjadi sekitar Rp. 200 triliun.

Sedangkan sebagai kompensasi dari kenaikan harga BBM itu, pemerintah telah memberikan BLSM sekitar Rp. 9,3 triliun untuk 15,5 juta warga miskin. Per kepala keluarga akan menerima bantuan sebesar Rp. 150 ribu selama empat bulan.

Menjelang kenaikan harga BBM yang akan berlaku mulai besok, stok bahan bakar dipastikan aman dan mencukupi.

Para pejabat negara termasuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik menyatakan diri telah siap untuk mengumumka harga baru BBM yang akan berlaku mulai esok hari.

Sementara Gita Wirjawan, Menteri Perdagangan mengaku siap menindak tegas siapapun yang melakukan penimbunan BBM menjelang kenaikan harga.

Sebelumnya isu kenaikan harga BBM ini sempat menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Bahkan saat keputusan kenaikan harga BBM masuk ke dalam ‘dapur’ DPR Ri di Senayan, Jakarta Senin lalu, demo besar-besaran memenuhi Ibukota Jakarta dalam rangka menolak kenaikan harga BBM. (RN)

Comment di sini