Ribuan Buruh Mogok Kerja Tolak Kenaikan Harga BBM

by
June 21st, 2013 at 3:27 pm
Buruh demo tolak kenaikan harga BBM / Vivanews

Buruh demo tolak kenaikan harga BBM / Vivanews

Jakarta (CiriCara.com) – Dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat sangat berpengaruh terhadap dunia industri di beberapa kawasan di Indonesia.

Faktanya, hari ini seluruh kawasan industri di Cikarang dan Cibitung, Bekasi lumpuh total karena ratusan ribu buruh keluar dari pabrik untuk melakukan aksi mogok kerja.

Diberitakan oleh Tempo.co, Said Iqbal selaku Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia menyatakan bahwa dalam melakukan aksi mogok kerja kali ini, buruh menyampaikan dua tuntutan umum.

“Tuntutan kami ada dua, pertama kami menolak kenaikan harga BBM. Kedua jika harga BBM naik, kami meminta upah minimum naik 50 persen,” jelas Said seperti dikutip oleh sumber berita.

Demo ini sebagai bentuk antisipasi atas ditetapkannya harga baru BBM mulai Sabtu, 22 Juni 2013 pukul 00.00 WIB. Dengan kenaikan harga BBM maka dipastikan bahwa daya beli buruh akan turun 30 persen karena akan mempengaruhi harga-harga barang yang merupakan kebutuhan pokok.

Selain dua daerah industri di Bekasi itu, aksi mogok kerja juga dilakukan oleh puluhan ribu buruh di Karawang, Bogor, Tangerang, dan Pulogadung.

Jika tuntutan ini tidak akan direspon oleh pemerintah maka menurut Said akan terjadi mogok nasional yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2013 nanti saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membacakan APBN 2013.

Sementara itu, tampaknya pemerintah sudah siap untuk mengumumkan kenaikan harga BBM yang rencananya dilakukan malam nanti. Jika pemerintah sudah menetapkan tarif baru maka harga bensin premium berubah menjadi Rp. 6.500 per liter dan solar Rp. 5.500 per liter. (RN)

Comment di sini