Cara Agar Tetap Sehat Walau Harga BBM Naik

by
June 24th, 2013 at 11:42 am
Makan buah lokal - Ist

Makan buah lokal – Ist

CiriCara.com – Naiknya harga BBM (Bahan Bakar Minyak) biasanya akan mempengaruhi harga bahan-bahan pokok, seperti beras, sayuran, buah-buahan dan lain sebagainya. Namun, naiknya harga BBM tersebut bukan berarti Anda jadi tidak bisa hidup sehat.

Anda disarankan untuk tetap menjaga kesehatan dengan mencari makanan pengganti dan tetap memiliki gizi yang seimbang. Dilansir dari Health.Liputan6.com, Dr Samuel Oetoro, SpG.K., seorang ahli gizi klinik FKUI-RSCM mengatakan, “Kita berusaha mencari pengganti tapi dalam koridor gizi seimbang, ada sumber karbohidratnya, protein, lemak, dan perbanyak sayur-sayuran.”

Ada beberapa jenis makanan alternatif yang bisa Anda konsumsi dalam menghadapi kenaikan BBM ini. Dengan mengonsumsi makanan ini, Anda tetap bisa sehat dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Dilansir dari sumber yang sama, berikut cara agar tetap sehat walau harga BBM naik:

1. Makan singkong, ubi-ubian, dan jagung

Kenaikan BBM akan mempengaruhi harga beras. Harga beras bisa menjadi mahal. Untuk itu, Anda bisa menyelinginya dnegan mengonsumsi singkong, ubi-ubian, dan jagung. Makanan tersebut memiliki kualitas yang tak kalah dengan beras dan bisa membuat Anda tetap kenyang dan sehat.

2. Mengganti daging merah dengan ikan dan ayam

Makanan dari kedelai - Ist

Makanan dari kedelai – Ist

Mengonsumsi terlalu banyak daging merah bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Agar tetap sehat walau BBM naik, Anda bisa mengganti daging merah dengan daging ayam atau ikan. Mengonsumsi ikan lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Mengonsumsi protein nabati

Jika tak mampu membeli protein hewani, Anda bisa menggantikannya dengan protein nabati, seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Namun, Anda harus bisa memvariasikannya. Kacang merah dan kacang hijau juga bisa Anda olah menjadi sebuah hidangan yang lezat dan sehat.

4. Jangan pilih buah impor

Buah impor biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Apalagi dengan kenaikan harga BBM ini. Namun, mahalnya harga buah impor bukan berarti Anda tak bisa memakan buah. Pilihlah buah lokal saja, seperti semangka, pepaya, dan buah lokal lainnya.

5. Mengganti susu kaleng dengan kedelai

Kenaikan harga BBM juga akan mempengaruhi harga susu anak. Namun, jangan mengurangi jumlahnya karena bisa mengganggu pertumbuhan si anak. Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai yang tak kalah kualitasnya dengan susu sapi.

Itulah cara agar tetap sehat walau harga BBM naik. Anda harus tetap memenuhi bahan makanan utama, bukan menggantinya dengan suplemen. Membeli suplemen malah akan menambah pengeluaran saja. Ketahuilah bahwa suplemen yang harganya mahal belum tentu memiliki kualitas yang bagus. Lebih baik mengonsumsi makanan yang alami saja. (NR)

Comment di sini