Fathanah Didakwa Terima Suap Rp 1,3 Miliar

by
June 24th, 2013 at 4:19 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Tersangka kasus suap daging impor sapi, Ahmad Fathanah menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Senin (24/6/2013). Rekan Fathanah, Luthfi Hasan Ishaaq juga menjalani sidang perdananya dalam kasus yang sama.

ahmad fathanah,

Ahmad Fathanah – Tempo.co

Dalam sidang, Ahmad Fathanah didakwa ikut serta menerima uang suap Rp 1,3 miliar bersama dengan Luthfi Hasan Ishaaq. Uang suap tersebut merupakan pemberian dari Direktur Utama Maria Elizabeth Liman.

Uang suap itu diberikan kepada Fathanah dan Luthfi melalui Direktur PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendy dan Juard Effendi. Maria Elizabeth sendiri diketahui menjanjikan uang suap Rp 40 miliar, namun transaksi itu lebih dulu diketahui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Uang itu diterima dalam kurun waktu 5 Oktober 2012 sampai 29 Januari 2013, di Resto Angus Steak House Senayan City dan di Kantor PT Indoguna Utama,” jelas Jaksa Avni Carolina saat membacakan dakwaannya, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (24/6/2013).

Fathanah diketahui menjadi orang pertama untuk menggerakan Luthfi yang saat itu masih menjabat sebagai Presiden PKS. Sementara Luthfi digerakan untuk membujuk pejabat Kementan yang dipimpin oleh Suswono untuk menyetujui penambahan kuota daging impor sapi yang dipesan oleh Grup PT Indoguna Utama.

Suswono sendiri diketahui merupakan Menteri Pertanian. Luthfi digunakan untuk membujuk Suswono karena mereka berdua sama-sama merupakan kader dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

(YG)

Comment di sini