“Judge Bao” Hadiri Persidangan Luthfi dan Fathanah

by
June 24th, 2013 at 3:35 pm
Anton "Hakim Bao"

Anton “Judge Bao”- Kompas

Jakarta (CiriCara.com) – Ruang sidang pengadilan tindak pidana korupsi dengan terdakwa Luthfi Hasan Ishaaq gempar setelah sesosok pria yang mengenakan kostum ala Hakim Bao muncul di antara kerumunan pengunjung sidang.

Pria bernama Anton tersebut mengaku merupakan ketua komunitas Judge Bao. Ia mengatakan sengaja menyempatkan diri hadir di persidangan untuk melihat sistem peradilan di Indonesia.

“Saya datang tidak untuk Luthfi atau Fathanah. Saya di sini ingin melihat sidang apakah sesuai dengan hukum dan keadilan,” ungkap Anton seperti dikutip dari Kompas.com.

Anton tiba di ruang pengadilan sesaat setelah persidangan Luthfi usai digelar dan sudah meninggalkan ruang sebelum Fathanah duduk di kursi terdakwa.

Pria nyentrik ini menyatakan kedatangannya ke ruang sidang tidak untuk mendukung Luthfi ataupun Fathanah. Tentang kostumnya yang didominasi warna hitam dan kuning yang identik dengan warna kebesaran PKS, Anton melihat itu bukanlah merupakan bentuk dukungan.

“Saya tidak bawa satu partai apa pun, PKS atau mana pun, saya ke sini untuk keadilan,” ujarnya.

Hakim Bao dikenal sebagai hakim yang jujur dan adil dalam kisah legendaris di China. Banyak yang mengagumi sosok Hakim Bao hingga mengharapkan setiap orang yang berprofesi sebagai hakim bisa meniru perbuatannya.

Sementara itu, dalam sidang perdana Luthfi, terungkap bahwa Darin Mumtazah yang ramai diperbincangkan sebelumnya memang benar merupakan istri mantan presiden PKS tersebut.

Sidang kasus suap impor daging sapi ini menghadirkan Lulthfi dan Fathanah sebagai terdakwa. Sidang digelar terpisah. Agenda sidang perdana adalah pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum.

(hp)

Comment di sini