Fathanah Bisa Belanja Miliaran Rupiah Meski Tak Punya Pekerjaan Tetap

by
June 25th, 2013 at 10:21 am
Ahmad Fathanah - Ist.

Ahmad Fathanah – Ist.

Jakarta (CiriCara.com) – Tersangka kasus suap impor daging sapi, Ahmad Fathanah ternyata tidak memiliki pekerjaan tetap meski selama ini ia dikenal royal dan gemar memberi barang-barang mewah kepada para wanita cantik.

Diberitakan oleh Liputan6.com, fakta ini diketahui ketika Ahmad Fathanah sedang menjalani persidangan di Jakarta kemarin, Senin, 24 Juni 2013.

Berdasarkan transaksi keuangan yang dimiliki Fathanah, pria yang dekat dengan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu memiliki kemampuan finansial yang sangat tidak seimbang.

Di dalam surat dakwaan yang dibawakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari tahun 2011 hingga tahun 2012, Fathanah sudah menghabiskan uang sebesar Rp. 8 miliar dan USD 49.321 untuk membeli berbagai macam barang mewah seperti rumah, kendaraan, perhiasan, tiket pesawat, dan uang tunai yang ia bagikan ke sejumlah pihak.

“Terdakwa tidak memiliki pekerjaan tetap, namun mempunyai kemampuan transaksi keuangan sebagaimana diuraikan di atas. Yang jumlahnya tidak seimbang dengan profil terdakwa,” kata Jaksa Rini Triniasih di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin 24 Juni 2013 seperti dikutip oleh sumber berita.

Jaksa menilai bahwa transaksi mencurigakan yang dilakukan oleh Fathanah berasal dari hasil tindak pidana korupsi yang diduga berkaitan dengan penerimaan komisi atau fee dari proyek Luthfi Hasan.

“Bahwa terdakwa berkedudukan sebagai orrang kepercayaan Luthfi Hassan Ishaaq selaku anggota DPR dan juga menjabat sebagai Presiden PKS. Yang mana terdakwa telah menggunakan pengaruh Luthfi Hasan Ishaaq untuk mengurus pihak-pihak dalam mendapatkan proyek pemerintah antara lain di Kementerian Pertanian dengan imbalan berupa komisi atau fee,” jelas Jaksa lagi.

Beberapa waktu yang lalu, terbongkar fakta bahwa Ahmad Fathanah gemar memberikan barang-barang mewah dan uang kepada para wanita cantik. Menurut penelusuran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ada sekitar 45 wanita yang dituding telah menerima aliran dana dari Fathanah. (RN)

Comment di sini