Apakah Jersey dari Ronaldo untuk SBY Termasuk Gratifikasi?

by
June 26th, 2013 at 3:11 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Hari ini, Rabu 26 Juni 2013, Cristiano Ronaldo berkunjung ke Bali, Indonesia untuk bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam pertemuannya itu, Ronaldo dan Presiden SBY menanam pohon bakau di Telagawaja, Kuta, Bali.

SBY menerima jersey dari Ronaldo / Twitter @edhie_baskoro

SBY menerima jersey dari Ronaldo / Twitter @edhie_baskoro

Ketika bertemu dengan SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono, pemain Real Madrid tersebut tak lupa memberikan hadiah istimewa bagi suami istri tersebut.

Seperti yang terlihat dalam akun Twitter anak SBY, Ibas Yudhoyono, @Edhie_Baskoro, Ronaldo memberikan sepasang jersey Real Madrid dengan nomor punggung 7 kepada SBY dan Ani.

Dalam foto yang diunggah Ibas, terlihat SBY sedang memegang jersey pemberian Ronaldo, sama seperti yang dilakukan oleh Ani Yudhoyono. Selain kepala negara dan istrinya, tampak pula anak SBY, Agus Yudhoyono dan Ibas.

Julian Aldrin Pasha selaku juru bicara kepresidenan membenarkan bahwa Presiden dan istrinya menerima dua jersey dari Ronaldo.

“Ya benar, Bapak dan Ibu Negara menerima kaos Real Madrid dengan tanda tangan Cristiano Ronaldo,” kata Julian seperti dikutip oleh sumber berita, MetroTVnews.com.

Apakah pemberian barang terhadap petinggi negra ini termasuk gratifikasi?

Ketika dikonfirmasi, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi SP menilai bahwa kado pemberian Ronaldo kepada SBY bukan merupakan gratifikasi yang harus dilaporkan ke KPK.

“Menurut saya itu bukan penerimaan hadiah yang wajib dilaporkan ke KPK. Ini menurut pendapat saya. Kalau Pak SBY mau melaporkan juga ke KPK, ya dipersilakan,” katanya.

Menurut Johan, motif pemberian jersey tersebut berbeda dengan gitar bas yang diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi.

“Dalam kasus gitar Jokowi yang memberi adalah panitianya, bukan gitaris Metalicanya. Kedua, soal penerimaan ini juga Jokowi sendiri yang melaporkan ke KPK,” lanjutnya.

Seperti yang telah diketahui, beberapa waktu lalu Jokowi juga sempat menerima barang pemberian berupa gitar bas dari Robert Trujillo, basis dari Metallica.

Gitar bas itu akhirnya disita oleh KPK menjadi milik negara karena terdapat unsur suap di balik pemberian barang itu. (RN)

Comment di sini