Cara Alami Mengobati Gigitan Serangga

by
June 26th, 2013 at 8:35 am
Digigit serangga - Ist

Digigit serangga – Ist

CiriCara.com – Akibat digigit serangga, seperti nyamuk, semut, atau lebah terkadang meninggalkan rasa gatal dan bekas di kulit. Namun, jangan menyepelekan gigitan serangga tersebut. Menggaruk akibat digigit semut atau nyamuk boleh saja, tapi alangkah baiknya segera diobati.

Jika tidak diobati, maka racun serangga bisa saja menyebar ke seluruh tubuh dan membahayakan kesehatan. Lalu, bagaimana cara mengobatinya dan obat apa yang bias digunakan untuk mengobati gigitan serangga?

Dilansir dari Care2.com, berikut cara alami mengobati gigitan serangga:

1. Es batu

Anda bisa mengobati bekas gigitan serangga itu dengan es batu. Es merupakan solusi mudah dan cepat untuk mengurangi peradangan.

2. Pasta gigi

Biasanya orang memakai pasta gigi pada saat menggosok gigi. Namun ternyata, pasta gigi juga bisa Anda gunakan untuk mengobati bekas gigitan serangga. Mengoleskan sedikit pasta gigi pada bekas gigitan serangga membantu mengurangi iritasi. Rasa mint dan peppermint merupakan pasta gigi yang paling efektif untuk mengobati gigitan serangga.

3. Obat kumur

Selain pasta gigi, obat kumur juga bisa Anda gunakan untuk mengobati bekas gigitan serangga. Obat kumur mengandung antiseptik yang bisa membantu mencegah infeksi bekas gigitan. Cara memakaikannya, rendam kapas dalam obat kumur, lalu tempelkan pada bagian yang terkena gigitan serangga. Dengan begitu, rasa gatal dan nyeri akan segera reda.

4. Cuka

Pasta gigi untuk mengobati gigitan serangga - Ist

Pasta gigi untuk mengobati gigitan serangga – Ist

Rasa gatal dan memar akibat gigitan serangga bisa Anda obati dengan beberapa tetes cuka. Namun, cuka yang paling baik untuk mengobati itu adalah cuka apel karena memiliki keasaman yang lebih rendah dan pH yang sama dengan rasa gatal itu. Anda bisa mencampurkan cuka ke dalam air hangat untuk mandi.

5. Minyak atsiri

Minyak atsiri atau esensial merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk mengatasi gigitan serangga. Beberapa jenis minyak atsiri yang bisa Anda gunakan, antara lain lavender, tea tree, peppermint, dan minyak kayu putih. Anda bisa meneteskan 1-2 tetes minyak, lalu dioleskan ke bagian yang digigit. Lakukan selama 3 hai agar rasa sakit dan gatal itu segera hilang.

6. Baking soda

Anda bisa mencampurkan baking soda dan air hingga mengental menjadi pasta, lalu oleskan pada bagian yang digigit serangga. Diamkan selama 30 menit – 1 jam, setelah itu cucilah dengan air hangat.

7. Lumpur

Sangat aneh kedengarannya jika mengobati gigitan serangga dengan lumpur. Namun, cara ini merupakan pengobatan kuno dan bisa digunakan jika Anda tak menemukan obat lain. Caranya, Anda bisa langsung mengoleskan lumpur ke bagian tubuh yang digigit serangga, lalu diamkan hingga lumpur mengering. Ketahuilah bahwa cara ini bisa mengurangi iritasi dan pembengkakan.

Itulah cara alami mengobati gigitan serangga. Jadi, segera obati dengan cara alami di atas jika Anda digigit oleh serangga. Jangan menyepelekannya karena bisa membahayakan kesehatan. (NR)

Comment di sini