Digugat, McDonald’s Berhenti Produksi Makanan Halal

by
June 26th, 2013 at 2:09 pm
McDonald's - Ist.

McDonald’s – Ist.

Detroit (CiriCara.com)McDonald’s, restoran internasional milik Amerika Serikat ternyata memiliki dua gerai restoran yang menawarkan makanan halal.

Kedua restoran ini menawarkan makanan halal kepada pengunjung. Keduanya terletak di daerah East Deaborn, Mich yang memiliki penduduk Muslim Arab-Amerika dalam jumlah besar.

Namun, kedua restoran ini sudah menarik label makanan halal sejak bulan Mei 2013 karena telah digugat.

Dilansir dari Tempo.co, menurut pemberitaan dari USA Today, McDonald’s dituduh telah membuat makanan tidak halal yang diiklankan menjadi makanan halal.

Gugatan ini datang dari konsumen McD bernama Ahmed pada tahun 2011 lalu. Menurutnya, makanan yang bisa disebut halal adalah makanan yang disiapkan sesuai dengan pedoman Islam seperti membaca doa saat hewan dipotong,

Menurut kuasa hukum Ahmed, dua restoran tersebut tidak menjalankan prosedur seperti di atas dan dianggap telah menjulan makanan tak halal kepada para konsumen Muslim.

Ahmed menuntut ganti rugi sebesar USD 700 ribu atau sekitar Rp. 6,9 miliar kepada McDonalds. Kasus ini baru bisa diselesaikan pada bulan April 2013. Uang tuntutan yang ia layangkan itu sudah disumbangkan sebsar USD 275 ribu ke Huda Clinic, sebuah pusat kesehatan Muslim di Detroit, USD 150 ribu untuk Arab American National Museum di Dearborn, USD 25 ribu untuk Ahmed, dan sisanya untuk membayar pengacaranya.

Meski begitu, McDonald’s membantah bahwa pihaknya telah melakukan prosedur yang sangat benar dalam mengelola makanan berlabel halal.

Pihak McDonald’s mengatakan telah memberi label kepada ayam yang halal. Daging ayam tersebut juga disimpan dan dimasak di area yang halal.¬†Perusahaan juga telah melatih karyawan untuk mempersiapkan makanan halal secara ketat.

Selain itu, McDonalds sudah menghapus menu-menu halal dar daftar mereka seperti McChicken Sandwich, Chicken McNuggets, Angus Burgers, dan Angus Snack Wraps.

Restoran khas Amerika tersebut pertama kali menjual produk-produk halal pertama kali di Michigan Avenue pada bulan September 2000. Meski telah menghapus daftar menu berlabel halal dari restoran di Amerika, McDonalds masih akan menjual makanan halal di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim. (RN)

Comment di sini