Jokowi: Tarif Bus Transjakarta Tidak Jadi Naik

by
June 26th, 2013 at 11:38 am
Tarif bus Transjakarta tidak jadi naik - Ist.

Tarif bus Transjakarta tidak jadi naik – Ist.

Jakarta (CiriCara.com)Bus Transjakarta yang menjadi salah satu  moda transportasi di Ibukota Jakarta dikabarkan akan mengalami kenaikan tarif menyusul naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) hari Sabtu, 22 Juni 2013 lalu.

Diberitakan oleh Kompas.com, sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi sempat menyebutkan harga tiket bus Transjakarta akan naik menjadi Rp. 5.000. Namun, kini Jokowi meralat pernyataannya itu dan menyebutkan bahwa tiket bus Transjakarta tetap seharga Rp. 3.500.

“Setelah kemarin malam kita kalkulasikan, tarif bus Transjakarta tidak jadi naik,” ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Rabu 26 Juni 2013 seperti dikutip oleh sumber berita, Kompas.com.

Sedangkan untuk menutupi selisih harga yang naik karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik, Jokowi dan jajaran pemerintah DKI Jakarta akan melakukan efisiensi terhadap sejumlah komponen kebutuhan Transjakarta.

Dengan adanya kalkulasi ulang tersebut, maka tarif yang diusulkan Pemprov DKI Jakarta untuk naik hanya bus kecil, bus sedang, dan bus besar yang masing-masing naik menjadi Rp. 3.000.

Sebelumnya berdasarkan perbandingan kalkulasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Organda, dan DTKJ, tarif bus Transjakarta juga diusulkan naik menjadi Rp. 5.000.

Draf usulan tarif ini akan diserahkan kepada DPRD DKI Jakarta pada hari ini untuk disetujui. Setelah itu, tarif akan segera diumumkan kepada masyarakat umum paling tidak minggu depan. (RN)

Comment di sini