Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

by
June 26th, 2013 at 2:18 pm
Memilih makanan sehat saat hamil - Ist

Memilih makanan sehat saat hamil – Ist

CiriCara.com – Pada saat hamil, si ibu harus memenuhi gizinya untuk dua orang, dirinya sendiri dan si calon bayi. Namun, makanan yang diasup bukanlah makanan yang sembarangan. Si ibu harus pintar-pintar memilih makanan.

Segala makanan yang dikonsumsi harus memiliki banyak nutrisi agar ibu hamil dan si calon bayi tetap sehat. Makanan yang dikonsumsi perlu memenuhi nutrisi protein, kalsium, riboflavin, vitamin A, vitamin C, dan nutrisi lainnya.

Akibat terlalu banyak makanan, biasanya ibu hamil berat akan mengalami penambahan berat badan. Akan tetapi, pastikan pertambahan berat badan itu tidak lebih dari 10 Kg sampai melahirkan nanti.

Untuk itu, ibu hamil harus pintar-pintar memilih makanan yang diasup agar kehamilan tetap sehat. Berikut menu makanan sehat untuk ibu hamil:

1. Untuk makan pagi

Berbagai jenis makanan sehat yang perlu Anda konsumsi pada pagi hari, antara lain nasi beserta lauknya, seperti telur, ikan, atau daging. Selain itu, penuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi buah. Jangan lupa juga untuk meminum satu gelas susu. Jika bosan dengan nasi, maka Anda bisa menggantinya dengan roti.

Megonsumsi jus setiap hari saat hamil - Ist

Megonsumsi jus setiap hari saat hamil – Ist

2. Untuk makan siang

Pada saat makan siang, ibu hamil juga bisa makan nasi dengan daging, ayam atau ikan, dan sayur-sayuran. Jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil yaitu sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, dan sejenisnya. Usahakan untuk mengonsumsinya minimal 3 kali dalam sehari. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah.

3. Untuk makan malam

Untuk makan malam, pilihlah sup, daging, ayam, ikan, atau kacang-kacangan, sayuran hijau dan juga nasi. Tak lupa juga untuk menambahkan susu sebagai penutup.

Itulah menu makan sehat untuk ibu hamil. Ketahuilah bahwa setiap kali makan ibu hamil harus mengasup makanan yang berprotein, seperti telur, tahu, tempe, daging, ayam. Lalu, jadikan buncis sebagai makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Selain itu, keju juga merupakan asupan yang baik untuk ibu hamil. Tidak lupa juga untuk lebih sering mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, mangga, lemon, dan lain sebagainya. Namun, jangan mengonsmsi buah yang dilarang makan saat hamil. Dengan begitu, Anda dan si calon bayi akan tetap sehat hingga proses persalinan nanti. (NR)

Comment di sini