Pengemis di Jakarta Bisa Dapat Puluhan Juta per Bulan

by
June 26th, 2013 at 10:13 am
Pengemis - Ist.

Pengemis – Ist.

Jakarta (CiriCara.com) – Jelang bulan Ramadhan, fenomena pengemis di Jakarta semakin menjamur.

Tidak hanya memanfaatkan momen tersebut, hampir tiap hari ada saja pengemis yang bergentayangan di setiap sudut Ibukota.

Banyaknya warga Jakarta yang beriba hati dan memberi santunan kepada orang miskin dimanfaatkan oleh para pendatang maupun warga lokal Jakarta untuk ‘menyamar’ menjadi pengemis.

Dilansir dari Merdeka.com, penghasilan para pengemis di Jakarta bahkan bisa mencapai Rp. 750 ribu hingga Rp. 1 juta per hari.

Pengemis dengan pendapatan sebesar itu berasal dari golongan yang mempunyai jurus untuk menarik iba orang. Hal ini dibenarkan oleh petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan.

“Kalau yang segitu biasanya didapat dari PMKS dengan tingkat kekasihanan yang sangat sangat kasihan. Seperti pengemis kakek-kakek atau ibu-ibu yang mengemis dengan membawa anaknya,” jelas Kepala Seksi Rehabilitasi Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda, Selasa, 25 Juni 2013 kepada sumber berita.

Menurutnya, pengemis biasa dengan tingkat kasihan yang ‘standar’ atau biasa saja bisa mendapat Rp. 450 ribu hingga Rp. 500 ribu per hari. Dalam sebulan tentunya penghasilan mereka bisa mencapai belasan juta.

Pengemis dengan tingkat kasihan ‘standar’ ini antara lain anak-anak jalanan yang mengandalkan muka memelas saat mengemis.

Karena pendapatan yang sangat besar ini maka para pengemis tidak jera menjalankan pekerjaannya bahkan jumlah mereka semakin bertambah dari hari ke hari.

Pengemis yang berasal dari Jakarta mungkin saja mempunyai aset-aset berharga di kampung halamannya seperti tanah, sawah, dan rumah.

“Kita pernah menelusuri ke kampung halamannya. Dan memang nyatanya mereka punya rumah yang bisa dibilang lebih dari cukuplah di kampungnya itu. Sekali lagi itu fakta yang kita dapatkan,” kata Miftahul Huda lagi.

Kebanyakan pengemis yang beroperasi di Jakarta Selatan tersebut berasal dari Indramayu, Jawa Barat, sebuah kota kecil yang terletak tak jauh dari Jakarta.

Dengan pendapatan harian yang fantastis tersebut, para pengemis bisa meraup belasan hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Pendapatan yang mereka peroleh bukan tak mungkin lebih besar dari pendapatan seorang pegawai kantoran biasa. (RN)

Comment di sini