Penyebab Lambatnya Layanan Internet Telkom Speedy

by
June 26th, 2013 at 9:09 am
Telkom Indonesia

Telkom Indonesia – Ist.

Jakarta (CiriCara.com) – Selasa, 25 Juni 2013 kemarin, sejumlah besar pengguna internet dari Telkom Speedy mengeluhkan lambatnya layanan internet untuk mengakses situs dalam dan luar negeri.

Ternyata hal tersebut diakibatkan karena kabel fiber optic bawah laut di wilayah Batam, Kepulauan Riau putus. Pada pukul 18.00 WIB, layanan internet Telkom Speedy kembali pulih seperti sedia kala.

Dilansir dari Jpnn.com, akibat putusnya jaringan internet ini, maka banyak masyarakat yang kemudian melapor ke pemerintah. Hal ini dibenarkan oleh Gatot S. Dewa Broto selaku Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Kominfo.

“Ada tiga operator yang saya minta penjelasan, Telkomsel, XL, dan Indosat. Mereka punya jalur di Batam,” katanya.

Menurut Gatot, akses internet Telkomsel dan Telkom memang bermasalah sejak pagi kemarin. Hal ini mengakibatkan para pelanggan kesulitan untuk mengakses setiap halaman internet.

Insiden putusnya kabel bawah laut memang sudah sering terjadi. Penyebab putusnya kabel bukan hanya karena terkena jangkar kapal namun juga karena pencurian kabel.

Kejadian tersebut sering terjadi di wilayah laut Bangka Beliutung (Babel). Karenanya, pihak Telkom akan menggelar sosialisasi terhadap masyarakat setempat dan mengundang pihak terkait seprti TNI Angkatan laut, Kepolisian, dan Pemda.

Secara umum, koneksi layanan internet Telkom dan Telkomsel mengalami gangguan sejak hari Selasa, 25 Juni 2013 karena kabel fiber optic bawah laut yang merupakan jaringan backbone atau jaringan utama internet PT Telkom mengalami gangguan tepatnya di Jalur Tanjung Pandan sampai ke Pontianak serta jalur yang berada di Batam.

Dengan putusnya kabel bawah laut Telkom, banyak sekali pihak yang merugi terutama perusahaan yang menggunakan layanan internet Telkom yang terpaksa berhenti beroperasi selama hampir seharian. (RN)

Comment di sini