Usulan Tarif Baru: Angkot Rp 3.000, Bus Transjakarta Rp 5.000

by
June 26th, 2013 at 11:05 am
Tarif angkot di Jakarta akan segera naik - Ist.

Tarif angkot di Jakarta akan segera naik – Ist.

Jakarta (CiriCara.com) – Menghadapi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), pemerintah provinsi DKI Jakarta mengusulkan tarif baru angkutan kota (angkot) dan alat transportasi umum lainnya.

Usulan ini adalah merupakan perbandingan kalkulasi antara Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Organda (Organisasi Angkutan Darat), dan DTKJ (Dewan Transportasi Kota Jakarta).

“Hasil rapatnya sebagai berikut, bus kecil jadi Rp 3.000, bus sedang jadi Rp 3.000, dan bus besar jadi Rp 3.000. Kalau Transjakarta naik jadi Rp 5.000,” ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi di Balaikota, Selasa 25 Juni 2013 sore.

Kenaikan tarif angkot tersebut merupakan hasil penelaahan terhadap beberapa komponen yang mempengaruhi kenaikan tarif seperti harga suku cadang, gaji pegawai, dan lainnya.

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, kenaikan tarif angkutan kota itu merupakan hasil telaah tiga instansi tersebut terhadap beberapa komponen yang memengaruhi kenaikan tarif, yakni harga suku cadang, gaji pegawai, dan lainnya.

Tarif baru tersebut diusulkan bagi angkutan kota kelas ekonomi. Sedangkan tarif angkutan umum non ekonomi akan diserahkan kepada mekanisme pasar yang ada.

Draf usulan tarif baru itu nantinya akan diserahkan kepada DPRD DKI Jakarta untuk disetujui. Setelah itu, tarif akan segera diumumkan kepada operator angkutan umum dan masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono berujar jika hari ini usulan itu sudah dikirimkan ke anggota Dewan, maka pekan depan, tarif baru angkutan umum bisa segera diumumkan. (RN)

Comment di sini