Asteroid Raksasa Sedang Bergerak Mendekati Bumi!

by
June 27th, 2013 at 10:04 am
Asteroid mendekati bumi / Telegraph.co.uk

Asteroid mendekati bumi / Telegraph.co.uk

California (CiriCara.com) – Bumi adalah planet yang dikelilingi dengan ribuan benda asing melayang yang siap jatuh masuk ke atmosfer bumi kapan saja.

Salah satu benda asing yang sering sekali menyambangi Bumi adalah asteroid. Setelah serangkaian asteroid jatuh ke bumi beberapa waktu lalu, kini lembaga antariksa Amerika, NASA menemukan asteroid baru bernamma near-Earth object (NEO) yang sedang bergerak mendekati bumi.

Tapi penduduk bumi tidak perlu cemas karena sebagian besar bahan asteroid ini hanya berupa gumpalan es yang tidak akan membahayakan.

Dilansir dari Discovery oleh Okezone.com, NEO merupakan asteroid dan komet yang mendekati bumi. Benda asing dari luar angkasa ini masih berada pada jarak 28 juta mil atau sekitar 45 juta kilometer dari Bumi.

NEO ini adalah sekelompok batu luar angkasa yang datang dalam berbagai ukuran. Asteroid terbesar dikabarkan bernama 1036 Ganymed dan bisa mencapai ukuran selebar 25 mil atau sekitar 41 kilometer.

NEO baru yang ditemukan kali ini memiliki lebar sekitar 300 meter dan diberi nama 2013 MZ5. Meski hanya berupa gumpalan es, namun para ilmuwan tidak menutup prediksi bahwa asteroid tersebut bisa memberi dampak kerusakan bagi Bumi.

Menurut NASA ada lebih dari 100 ribu batu luar angkasa yang belum bisa diidentifikasi yang tentunya menjadi pekerjaan wajib NASA untuk menemukan ratusan ribu bongkahan batu luar angkasa yang dimaksud.

Baru-baru ini NASA berhasil menangkap sebuah asteroid baru lewat teleskop Pan-STARRS-1 yang didanai sendiri oleh NASA 2013. Semua asteroid tersebut dianggap tidak berbahaya namun manusia perlu waspada agar tidak terancam pada masa yang akan datang.(RN)

Comment di sini