Cara Menghadapi Mertua yang Suka Ikut Campur

by
June 27th, 2013 at 3:41 pm
Mertua ikut campur - Ist

Mertua ikut campur – Ist

CiriCara.com – Dalam urusan rumah tangga Anda dan pasangan, terkadang mertua seringkali ikut campur. Mertua yang ikut mencampuri masalah keluarga Anda, terkadang malah memberikan hasil yang tidak baik dan merusak kehidupan rumah tangga.

Ketika ikut campur dalam permasalahan keluarga Anda, sejumlah mertua biasanya akan lebih membela atau mengutamakan anak sendiri. Jika sudah begitu, maka menantu merasa lebih terdesak.

Apakah mertua Anda suka ikut campur dalam kehidupan rumah tangga? Jika iya, maka segeralah hadapi dengan cara yang cerdas. Inilah cara menghadapi mertua yang suka ikut campur:

1. Pastikan masalah keluarga tak diketahui mertua

Masalah apapun yang sedang dihadapi keluarga Anda, pastikan mertua tidak mengetahuinya. Jika ditanya olehnya, maka Anda bisa mengatakan bahwa tak ada masalah apapun dalam kehidupan rumah tangga. Bahaslah hal lain ketika sedang bertemu atau mengobrol dengannya, seperti membahas resep masakan, dan lain sebagainya.

2. Pahami apa yang mertua inginkan

Mertua jahat - Ist

Mertua jahat – Ist

Saat mertua selalu mengkritik apa yang dilakukan, Anda harus memahami apa sebenarnya tujuannya itu. Apakah ingin hubunga Anda dan suami berakhir atau malah memperkuat pernikahan. Jika sudah mengetahui apa tujuannya, maka Anda bisa menghadapinya secara baik-baik.

3. Kompromi dengan pasangan

Cara lain untuk menghadapinya adalah mendiskusikannya dengan pasangan bahwa sikap ibunya itu cukup mengganggu kehidupan rumah tangga. Minta pada pasangan untuk membuat batasan apa saja yang boleh mertua ikut campuri. Dalam melakukan kompromi ini, Anda harus tetap tenang dan tetap menguntungkan dari sisi mertua atau pasangan.

4. Ikuti saran mertua

Saat mertua mulai ikut mencampuri hubungan rumah tangga Anda, coba dengarkan baik-baik apa perkataannya. Apa yang membuatnya selalu mengkritik dan mengganggu pernikahan Anda. Selain itu, coba cari tahu juga apa yang disukai sang mertua. Jika kritikannya masuk akal, maka tak ada salahnya juga untuk Anda ikuti demi kebahagiaan keluarga.

Itulah cara menghadapi mertua yang suka ikut campur. Bagaimanapun juga, mertua merupakan orangtua kedua Anda dan harus dihargai juga. Kritikan apapun yang dia berikan, Anda harus menerimanya dengan lapang dada dan tetap rendah hati. Selain itu, tunjukkanlah kepadanya kalau Anda merupakan seseorang yang sangat mencintai pasangan dan ingin membahagiakannya. (NR)

Comment di sini