Ciri-ciri Ibu Hamil Ingin Melahirkan

by
June 27th, 2013 at 4:49 pm
Ibu hamil ingin melahirkan - Thinkstock

Ibu hamil ingin melahirkan – Thinkstock

CiriCara.com – Mengenali tanda-tanda ibu hamil akan melahirkan memang cukup sulit untuk ditebak, terutama bagi yang baru menjadi pasangan suami istri dan menunggu kelahiran anak pertama. Ketuban memang salah satu tanda atau ciri jika ibu hamil ingin melahirkan.

Tapi, ketahuilah bahwa masih ada gejala atau ciri-ciri lain yang ditunjukkan ibu hamil jika dirinya ingin melahirkan. Sebagai suami, tentunya Anda harus sudah waspada ketika sang istri sudah mendekati harinya untuk melahirkan.

Lalu, apa saja tanda-tanda yang ditunjukkan ibu hamil jikan ingin melahirkan? Dilansir dari berbagai situs kesehatan, inilah ciri-ciri ibu hamil ingin melahirkan:

1. Panggul terasa sakit

Rasa sakit pada panggul dan tulang belakang berlebih bisa dialami oleh si ibu hamil. Rasa sakit tersebut disebabkan karena adanya pergeseran dan pergerakan bayi yang mulai menekan tulang belakang. Agar tak terlalu merasakan sakit, pada saat hamil sebaiknya ibu hamil disarankan untuk rajin berolahraga ringan, seperti yoga atau jalan santai pada pagi atau sore hari.

2. Kepala bayi mulai turun

Ibu hamil ingin melahirkan - Ist

Ibu hamil ingin melahirkan – Ist

Ketika mendekati hari kelahiran si bayi, biasanya ibu hamil akan merasaka perutnya jadi lebih ringan. Hal tersebut dikarenakan pada 2 minggu sebelum kelahiran, kepala bayi sudah berada di bawah dan turun ke daerah rangka tulang pelvis. Pada saat bayi telah turun ke bawah, ibu hamil biasanya akan merasakan sakit pada selangkangan. Gejala lain yang dialami ibu hamil berkaitan dnegan hal ini yaitu sakit perut, mulas, sering buang air besar, dan buang angin.

3. Air ketuban pecah

Tadi sudah disebutkan bahwa salah satu tanda ibu hamil ingin melahirkan adalah pecahnya air ketuban. Air ketuban yang berwarna jernih dan tidak berbau berarti air itu belum bersifat racun bagi bayi. Sedangkan, jika air ketuban keruh dan berbau, maka kondisi bayi dalam kandungan bisa terancam. Untuk itu, ibu hamil harus segera mendapatkan pertolongan dan dilarikan ke rumah sakit atau bidan.

4. Terjadi kontraksi

Dinding rahim akan mengeras sebelum kelahiran. Adanya kontraksi ini, terkadang tidak terasa mneyakitkan. Kebanyakan ibu hamil gagal menyadari adanya kontraski itu. Untuk itu, Anda harus mengenail betul apa yang dirasakan.

5. Terbukanya rahim

Persalinan ditandai dengan membukanya rahim, mulai dari pembukaan pertama hingga ke sepuluh. Fase ini secara medis diartikan berapa Cm ukuran rahim yang telah membuka. Bukaan kesatu artinya rahim telah membuka 1 Cm hingga terjadi pembukaan kesepuluh di mana membukanya rahim selebar 10 Cm sehingga bisa dilewati oleh kepala bayi.

Itulah ciri-ciri ibu hamil ingin melahirkan. Ketahuilah bahwa ibu hamil yang mengalami kontraksi selama 5 menit sekali selama 1 jam, air ketuban pecah, gerakan bayi menjadi lebih jarang, dan terdapat plek darah, maka ibu hamil harus segera di bawa ke rumah sakit atau bidan untuk mendapatkan bantuan persalinan. (NR)