Puluhan Ribu Orang Miskin di Kendal Tak Terima BLSM

by
June 27th, 2013 at 11:12 am

Kendal (CiriCara.com)Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang telah disalurkan ke sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengundang perdebatan.

Masalah utama yang dihadapi pada saat pembagian BLSM ini adalah salahnya sasaran pembagian uang tunai yang diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat tersebut.

Warga miskin penerima BLSM / Tempo

Warga miskin penerima BLSM / Tempo

Dilansir dari Merdeka.com, sebanyak 59.133 keluarga tidak mampu di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah akan menerima BLSM namun penerima dana kompensasi tersebut dinilai tidak tepat sasaran.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Enny Widarayanti mengatakan bahwa jumlah keluarga miskin di Kendal awalnya mencapai sekitar 116 ribu namun setelah diverivikasi oleh pusat, keluarga yang menerima dana BLSM hanya sebanyak 59.133 keluarga saja.

Kemungkinan besar, data yang dipakai untuk pemberian BLSM adalah data statistik tahun 2011 lalu sehingga puluhan ribu warga tidak terjamah dana BLSM tersebut. Bahkan karena kesalahan data tersebut, banyak orang kaya justru menerima BLSM.

“Ada warga yang mampu ekonominya tapi mendapatkan BLSM sedangkan warga yang miskin justru tidak mendapatkannya. Sementara ini desa yang belum membagikan kartu tersebut, kami minta tunda dulu. Namun, jika sudah ada yang dibagikan, kami berharap warga yang merasa hidupnya sudah mampu atau kaya segera mengembalikan kartu tersebut,” kata Enny kepada sumber berita.

Fenomena ini terjadi karena adanya data error sebesar 6 persen dari seluruh penerima BLSM. Kesalahan data tersebut meliputi penerima yang sudah meninggal dunia, golongan yang naik kelas dari miskin menjadi kaya.

Oleh karena itu ia menyarankan kepada warga miskin yang belum menerima BLSM agar bisa menggantikan warga kaya yang sudah menerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

Tentunya, agar BLSM sampai kepda masyarakat secara tepat maka peran Kades dan para perangkat desa sangat diperlukan dalam mengganti nama penerima BLSM. (RN)

Comment di sini