Cara Hidup Hemat Agar Bebas Utang

by
June 28th, 2013 at 3:46 pm
Mengelola uang - Ist

Mengelola uang – Ist

CiriCara.com – Hemat saat menjalani hidup terkadang sulit dilakukan sejumlah orang dengan alasan banyaknya kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Jika tidak terpenuhinya kebutuhan itu, maka bisa jadi mereka akan berutang. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, berutang juga bisa menjadi pilihan orang jika ingin membuka suatu usaha baru.

Namun ketahuilah bahwa berutang bisa membuat Anda stres jika tak mampu membayar atau melunasinya. Alangkah baiknya, jangan membiasakan diri untuk berutang. Anda harus bisa mengelola uang dengan baik agar kehidupan masa depan dan anak-anak nantinya bisa bahagia.

Bagi Anda yang saat ini terlilit oleh utang, sebaiknya mulailah mengubah gaya hidup. Ubahlah gaya hidup Anda menjadi leboh hemat dan anggap setiap rupiah itu sangat berharga. dengan begitu, utang yang Anda miliki tentunya bisa terlunasi secara perlahan-lahan.

Dilansir dari Financialhighway.com, berikut cara hidup hemat agar bebas utang:

1. Memisahkan antara kebutuhan dan keinginan

Agar terbebas utang, Anda harus bisa memisahkan antara kebutuhan dan keinginan. terkadang, Anda membeli suatu barang taau lainnya itu hanya sekadar keinginan saja. Untuk itu, mulai saat ini Anda harus memikirkan matang-matang sebelum membeli. Pikirkan apakah barang tersebut diperlukan saat ini atau hanya sekadar menuruti keinginan saja.

2. Hati-hati saat belanja bulanan

Semakin sebentar Anda menghabiskan waktu di supermarket, semakin baik juga untuk Anda. Kenapa? Karena biasanya seseorang yang berlama-lama di supermarket akan melihat-lihat yang lain dan belanjaannya pun akan semakin banyak. Sebaiknya, ambil barang-barang yang Anda butuhkan dengan cepat, tapi jangan lupa untuk mengecek kadaluwarsanya.

3. Mencatat kebutuhan yang ingin dibeli

Mencatat pengeluaran - Ist

Mencatat pengeluaran – Ist

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang suka berbelanja. Namun, kebiasaan buruk ini sebaiknya bisa dibatasi agar Anda tak terlilit oleh utang. Agar lebih hemat, Anda harus mencatat apa saja yang ingin dibeli dan dibutuhkan. Jangan sampai tergoda dengan barang-barang yang mungkin tak begitu Anda butuhkan, sekalipun mendapat potongan harga.

4. Memotong anggaran hiburan

Sebaiknya, jangan sering berkumpul dengan teman-teman yang sukanya hanya menghambur-hamburkan uang. Anda perlu ingat bahwa bersenang-senang itu tidak gratis. Untuk itu, Anda harus membatasinya dan mulai hidup hemat. Biasakan untuk sarapan di rumah, menonton film di bioskop pada hari biasa, dan hidup hemat lainnya.

5. Bayar tagihan utang tepat waktu

Menunda-nunda untuk membayar utang itu tidak baik. Anda bisa terkena tambahan bunga jika telat membayar. Untuk itu, Anda harus membayar tagihan itu tepat waktu. Selain itu, berhematlah juga dalam memakai energi, seperi listrik, gas, dan lain sebaganya agar tagihanyya tak terlalu besar.

6. Hentikan kebiasaan bayar minimal batas utang

Sebagian besar bank mematok pembayaran utang minimum perbulan. Namun, jangan termakan umpan yang diberikan karena utang yang dimiliki akan menjadi lama terlunasinya. Semakin lama Anda berutang pada bank, semakin banyak uang yang harus dikeluarkan.

Itulah cara hidup hemat agar bebas dari utang. Ketahuilah bahwa hidup bebas dari utang itu hanya masalah mengubah gaya hidup. Semakin cepat Anda melakukan gaya hidup seperti itu, semakin cepat juga Anda terbebas dari utang. (NR)

Comment di sini