Cara Memilih Dokter Kandungan

by
June 28th, 2013 at 5:01 pm
Dokter kandungan - Shutterstock

Dokter kandungan – Shutterstock

CiriCara.com – Ketika mengetahui bahwa dirinya tengah hamil, tentunya sang ibu akan mencari dokter kandungan yang cocok dan tepat untuk dirinya. Namun, terkadang sang ibu bingung memilih dokter mana yang akan dipilih hingga proses melahirkan nanti.

Ketahuilah bahwa dokter kandungan memiliki peranan penting dalam siklus kehamilan dan kesehatan si ibu dan anak. Untuk itu, Anda dan suami harus bisa memilih dokter kandungan yang tepat. Bagaimana caranya?

Dilansir dari bebagai situs kesehatan, berikut cara memilih dokter kandungan yang tepat:

1. Komunikatif

Pilihlah dokter kandungan yang komunikatif. Mendapatkan dokter kandungan yang seperti itu tentunya bisa membuat Anda senang dan merasa puas. Kenapa? Seorang ibu hamil tentunya membutuhkan banyak informasi seputar kehamilan. Anda bisa memilih dokter kandungan yang bisa dihubungi kapan saja, baik bertatap wajah langsung maupun melalui ponsel.

2. Wanita atau pria

Pilih dokter yang nyaman bagi Anda - Ist

Pilih dokter yang nyaman bagi Anda – Ist

Dokter kandungan berjenis kelamin pria atau wanita sebenarnya tak masalah. Anda harus menemukan dokter kandungan yang membuat diri sendiri merasa nyaman. Namun, ketahuilah bahwa pada saat kehamilan nanti tentunya Anda akan diperiksa bukan hanya seputar perut saja, tapi organ intim. Untuk itu, carilah dokter kandungan yang nyaman bagi Anda saja.

3. Lihat pengalaman yang dimiliki dokter

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah berapa lama dokter kandungan itu lulus dari kuliahnya. Dokter yang memiliki jam terbang yang sudah cukup lama tidak menjamin dirinya mengerti keinginan pasien. Namun, dokter manapun bisa Anda pilih asalkan mengerti apa keinginan pasien.

4. Pilih yang memiliki tempat praktik pribadi

Praktik dokter kandungan biasanya di rumah sakit umum atau rumah sakit bersalin. Tak jarang dokter kandungan membuka praktik di rumah. Namun untuk mendapatkan dokter kandungan yang seperti itu, Anda harus datang ke rumah sakit dahulu lalu temukan dokter yang membuka praktik di rumah agar bisa dengan bebas berkonsultasi dengannya.

Itulah cara memilih dokter kandungan. Bagaiamanapun juga, Anda harus memilih dokter kandungan yang bisa membuat diri sendiri merasa nyaman. Jika kenyamanan itu sudah Anda dapat, maka informasi seputar kehamilan dan persalinan bisa dengan mudah Anda dapatkan. Selain itu, kehamilan Anda juga akan sehat hingga proses persalinan nanti. (NR)

Comment di sini