Siram Air, Munarman: Itu Sudah Sopan

by
June 28th, 2013 at 2:21 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Jubir FPI Munarman mendadak jadi sorotan publik karena menyiram sosiolog dari Universitas Indonesia (UI) Thamrin Amal Tomagola dengan air teh. Kejadian tersebut terjadi dalam acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” di TV One, Jumat (28/6/2013).

Munarman, Jubir FPI Munarman

Munarman di TV One – Youtube

Meski tindakannya mendapat kecaman dari sejumlah pihak, Munarman mengaku tindakannya itu sudah sopan. Menurutnya, menyiram air teh ke wajah Thamrin itu masih lebih sopan dibanding menyerang dengan buku.

“Jadi itu sudah sopan,” ujarnya.

Munarman membandingkan tindakannya dengan tindakan sosiolog George Junus Aditjondro saat memukul politikus Ramadhan Pohan dalam diskusi di sebuah kafe di Jakarta Selatan, Desember 2009. Saat itu Aditjondro memukul Pohan dengan sebendel kertas karena berbeda pendapat.

“(Menyiram air teh) itu sudah mending, kalau George Junus Aditjondro dulu mukul pakai buku,” tutur Munarman, seperti dikutip dari Merdeka.com, Jumat (28/6/2013).

Munarman juga menganggap bahwa Thamrin pantas untuk disiram dengan air. Menurutnya, Thamrin sudah bersikap tidak sopan karena sering memotong pembicaraan saat dirinya menyampaikan pendapat.

Akibat ulahnya itu, banyak pengguna Twitter yang menyindir Munarman. Beberapa di antaranya juga ada yang mengecam dan menganggap tindakan Munarman tersebut adalah tindakan yang tidak pantas dilakukan. Apalagi, program diskusi tersebut disiarkan secara langsung.

Meskipun demikian, Munarman mengaku tidak takut jika dilaporkan ke polisi. Mantan Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) itu mengaku hanya takut dengan api neraka. “Saya tidak takut masuk penjara,” tegasnya.

Simak jalannya diskusi Munarman dengan Thamrin dalam video ini.

(YG)

Comment di sini