Cara Jitu Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

by
July 1st, 2013 at 4:02 pm
Menyiapkan dana pendidikan anak - Shutterstock

Menyiapkan dana pendidikan anak – Shutterstock

CiriCara.com – Pada saat berkumpul dengan teman-temannya, tak jarang para orangtua membicarakan permasalahan anaknya. Mulai dari membicarakan hal kesehatan hingga pendidikan. Sejumlah orangtua mengeluh bahwa pendidikan anak dari tahun ke tahun semakin mahal.

Melihat biaya pendidikan yang cukup malah membuat para orangtua menyisihkan uangnya demi masa depan anak. Namun, hanya ada beberapa orangtua saja yang mengerti cara mengatur keuangan keluarga demi masa depan si anak.

Bagi Anda yang belum mengerti dan mengetahuinya, jangan khawatir karena kali ini CiriCara akan membahasnya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara menyiapkan dana pendidikan anak demi masa depannya:

1. Siapkan anggaran sedini mungkin

Alangkah baiknya Anda menyiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin. Jangan menyiapkan dana pendidikan si anak ketika usianya sudah berusia 5 tahun. Mulailah menabung untuk masa depan si anak ketika masih dalam kandungan atau setidaknya berusia 5 tahun. Semakin dini Anda menyiapkannya, semakin banyak juga jumlah nominal yang terkumpul nanti sehingga tak membuat Anda kerepotan.

2. Masukkan dalam pos yang berbeda

Mengatur keuangan keluarga untuk pendidikan anak - Ist

Mengatur keuangan keluarga untuk pendidikan anak – Ist

Jika Anda memiliki anak lebih dari satu, maka sebaiknya anggaran pendidikan dipisah untuk masing-masing anak. Akan memasukkan anggaran ke dalam pos yang bebeda juga bisa Anda lakukan jika hanya memiliki satu anak. Pilihannya bisa dengan menabung di bank, mengikuti asuransi, atau bentuk investasi lain.

3. Racang anggaran sesuai kemampuan

Untuk menyiapkan dana pendidikan anak, Anda harus realistis. Anda harus merancang anggaran pendidikan yang sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai, anggaran dana pendidikan anak malah menyulitkan kehidupan keluarga hanya karena agar si anak masuk ke sekolah atau universitas ternama.

4. Menentukan proritas

Jika kebutuhan hidup sangat banyak dan sulit untuk menyisihkan dana pendidikan anak, maka kini saatnya Anda dan pasangan harus mulai mengatur prioritas hidup. Cobalah untuk mengurangi beberapa pos pengeluaran yang tak begitu penting, seperti makan di restoran atau belanja di mal.

5. Piliih tempat menyimpan dana pendidikan

Untuk menyiapkan dana pendidikan anak, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain menabung di bank, mengikuti asuransi, atau melakukan investasi lain. Namun, tergantung Anda ingin memilih yang mana dan harus disesuaikan dengan kemampuan.

Itulah cara jitu menyiapkan dana pendidikan anak. Ketahuilah bahwa merancang pendidikan akan sebenarnya tidak terlalu sulit. Cukup sisihkan saja sejumlah penghasilan Anda dan pasangan setiap bulannya sehingga target menabung atau membayar asuransi bisa tercapai tanpa mengorbankan biaya untuk yang lainnya.

Idealnya adalah menyisihkan uang 20% dari penghasilan Anda berdua per bulan untuk ditabung. Lima persen untuk arus kas keuangan keluarga, seperti anak sakit. Lima persen untuk investasi jika menginginkan. Lalu, sepuluh persen untuk tabungan jangka panjang, seperti pendidikan anak. (NR)

Comment di sini