Kumpulkan Tanda Tangan, HTI Tolak Kontes Miss World di Bali

by
July 1st, 2013 at 10:16 am

Surabaya (CiriCara.com) – Para muslimah yang merupakan anggota dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) meminta pemerintah menggagalkan kontes Miss World 2013 yang digelar di Indonesia pada bulan September mendatang.

Hizbut Tahrir Indonesia / Republika

Hizbut Tahrir Indonesia / Republika

Indonesia memang didaulat menjadi tuan rumah untuk kontes kecantikan Miss World 2013 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Bali. Namun pengadaan kontes kecantikan ini masih menimbulkan sejumlah pro dan kontra meskipun di dalamnya, aksi pertunjukkan bikini atau pakaian renang sudahg dihapuskan.

Dilansir dari Tempo.co, menurut muslimah HTI, kontes tersebut dinilai sebagai kontes untuk mengeksploitasi perempuan terutama secara fisik.

“Kami minta pemerintah menggagalkan acara ini,” kata Koordinator Lajnah Khusus Muballighoh Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia Jawa Timur, Azifah Al Hikmah, Minggu, 30 Juni 2013 seperti dikutip oleh sumber berita.

Menurut Azifah, kecerdasan dan tingkah laku mustahil bisa dideteksi dalam waktu dekat. Dalam ajang Miss World, penilaian terhadap seorang wanita didasarkan pada 3B yaitu brain, body, dan behaviour.

Perwakilan dari HTI tersebut menduga adanya kepentingan bisnis di balik kegiatan Miss World ini. Bisa jadi, kecantikan para peserta hanya digunakan sebagai alat untuk memasarkan produk-produk tertentu. Hal inilah yang disebut oleh HTI sebagai bentuk eksploitasi terhadap kaum perempuan yang justru merendahkan harkat dan martabat mereka.

Bentuk penolakan ini dituangkan dalam pernyataan sikap yang ditandatangani oleh 300 Muballighoh se-Jawa Timur. Bentuk sikap penolakan ini akan dikirim dan diserahkan kepada perwakilan rakyat di DPR RI.

Miss World 2013 akan diadakan di Bali pada bulan September nanti. Menurut Chairman of Miss Indonesia Organization, Liliana Tanoesoedibjo, pihaknya butuh waktu tiga tahun agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk Miss World. Bali dipilih karena pulau tersebut memiliki banyak tempat wisata yang menarik. (RN)

Comment di sini