Cara Menggunakan Tiket KRL Elektronik

by
July 2nd, 2013 at 1:56 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Per 1 Juli 2013 kemarin, PT Kereta Api Indonesia (KAI)  lewat anak usahanya, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) telah menerapkan sistem e-ticketing atau tiket elektronik. 

Cara menggunakan kartu komuter online / Vivanews

Cara menggunakan kartu komuter online / Vivanews

Sistem ini mengadopsi dari sistem perkeretaapian di negara maju seperti Singapura. Dengan cara seperti ini, maka penumpang kereta api tidak perlu lagi lama-lama mengantre di loket untuk membeli tiket jika sudah memiliki kartu multi trip.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui cara membeli tiket multi trip ini, sebaiknya Anda mengikuti saran seperti yang diterangkan sebagai berikut.

Bagi para pengguna KRL commuter line yang tidak memiliki kartu e-ticketing berlangganan atau multi trip, maka diwajibkan antre di loket untuk membeli e-ticket yang berlaku untuk satu kali perjalanan atau single trip.

Setelah tarif progresif diberlakukan maka penumpang akan dikenakan tarif berdasarkan jarak. Pada 5 stasiun pertama, maka penumpang KRL commuter bisa membayar Rp. 2.000 maka jika melebihi 5 stasiun yang dituju tersebut, penumpang akan dikenakan tarif Rp. 500 per 3 stasiun.

Setelah penumpang mentukan stasiun yang dituju maka petugas loket akan memberi tahu besaran tarif dan dibayar oleh penumpang. Setelah itu penumpang akan mendapatkan kartu.

Setelah mendapatkan kartu, penumpang bisa memilih kereta yang ditentukan tujuannya berdasarkan pembayaran tarif. Bagi pengguna kartu Single Trip, penumpang harus turun dari kereta dan tidak melebihi stasiun yang dituju.

Sementara itu, pengguna kartu Multi trip bisa langsung menempelkan tiket Multi Trip di sensor pintu otomatis atau tap in. Sementara itu, pengguna kartu Single Trip yang dibeli di loket bisa melakukan tap in sama seperti pengguna kartu Multi Trip.

Penumpang bisa langsung melangkah ke dalam stasiun untuk naik ke dalam kereta. Tiket Multi Trip dijual seharga Rp. 50.000 dan langsung memperoleh saldo sebesar Rp. 30.000 ribu. Kartu tersebut bisa digunakan dengan saldo minimal Rp. 7.000.

Sesudah tiba di stasiun tujuan maka penumpang dengan kartu Single Trip harus memasukkan kartu pada slot kartu yang tersedia di pintu keluar otomatis.

Penumpang yang tiba di stasiun melebihi rute yang ditentukan maka penumpang tidak bisa keluar dari pintu otomatis karena  sistem pintu keluar terkunci secara otomatis.

Penumpang bisa keluar dari stasiun setelah membayar denda. Pengguna kartu Multi Trip tinggal menempelkan kartu e-ticket pada sensor pintu atau tap out dan saldo akan berkurang secara otomatis.

Pengguna kartu Multi Trip tidak boleh memasukkan kartu ke dalam slot kartu karena jika kartu tertelan, maka kartu itu sudah tidak bisa digunakan lagi. (RN)

Comment di sini