Cara Mudah Memilih Madu Asli

by
July 2nd, 2013 at 4:03 pm
Memilih madu asli - Ist

Memilih madu asli – Ist

CiriCara.com – Siapa yang tak kenal dengan madu? Dari anak-anak hingga orang dewasa nampaknya mengenal salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat ini. Cairan yang kental dan memiliki rasa manis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak jarang, sejumlah orangtua memberikan madu untuk anak-anaknya atau mengonsumsinya untuk diri sendiri.

Ketika banyak orang mengetahui khasiat madu, lalu beredar juga madu tidak asli alias palsu yang dijual di pasaran. Beredarnya madu tersebut tentunya merugikan para penikmat madu. Khasiat yang didapat tentu saja berbeda dari madu asli. Bagi Anda para penikmat madu, alangkah baiknya pintar-pintar dalam memilih madu yang asli.

Lalu, bagaimana cara memilih madu asli yang tepat? Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara memilih madu asli:

1. Bagian atas madu terlihat jernih

Jika hendak membeli madu, pastikan bagian atasnya itu berwarna jernih. Jika terdapat semacam endapan cokelat yang megapung di atas, kemungkinan madu itu sudah tidak murni lagi.

2. Jangan pilih yang terasa asam

Madu seharusnya terasa manis, namun tidak menggigit di tenggorokan. Jika asam, maka bisa dikatakan bahwa madu sudah agak rusak karena lama disimpan atau dicampur dengan asam.

3. Kental dan tidak berbuih

Madu  - Ist

Madu – Ist

Tingkat kekentalan madu tergantung pada kadar air dalam madu. Kandungan air dalam madu yang bagus maksimum 20%. Jika madu itu berbuih, artinya sudah terlalu lama dibiarkan di wadah terbuka dan mengalami fermentasi.

4. Tidak tembus ketika ditetesi koran

Madu yang bagus memiliki kekentalan yang tinggi dan kandungan air sedikit. Dengan begitu, madu tidak akan menembus kertas koran. Jika masu yang Anda teteskan ke koran kemudian tembus, maka kadar airnya terlalu banyak.

5. Kondisi madu tetap baik jika dimasukkan dalam kulkas

Jika madu diletakkan di dalam kulkas, maka kondisinya tetap kental, beraroma, dan warnanya tidak berubah. Jika madui yang Anda miliki saat ini tidak sepeti itu, maka waspadailah bisa jadi itu madu tidak murni.

Itulah cara mudah memilih madu asli. Ketahuilah bahwa uji coba madu asli atau palsu lewat aroma, semut yang mengerubuti, kekentalan jika diteteskan pada debu itu belum tentu menjadi jaminan keaslian sebuah produk madu. Untuk itu, Anda harus cerdas memilihnya, bila perlu beli langsung dari peternakan lebah. (NR)

Comment di sini