Mahasiswa India Ciptakan Jam Tangan Android

by
July 2nd, 2013 at 2:24 pm

CiriCara.com – Sekelompok mahasiswa asal India mengalahkan perusahaan-perusahaan besar semacam Apple, Sony, dan Google setelah berhasil menciptakan jam tangan pintar atau smartwatch pertama di dunia yang berfitur lengkap layaknya smartphone.

Jam tangan android

Model mengenakan Androidly – Androidly

Jam tangan yang dihargai 150 poundsterling atau sekitar Rp 2,2 jutaan ini bernama Androidly. Dengan fitur Bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan kamera, jam tangan pintar ini semakin mirim ponsel pintar dengan tersedianya fungsi telepon dan layanan pesan singkat.

Berbeda dengan jam pintar lain seperti Live Watch dan Pebble, Androidly punya sistem operasi sendiri yakni Android 2.2 Froyo.

Androidly hadir dengan layar 2 inci dan kapasitas penyimpanan 16 GB. Jam tangan canggih ini juga dilengkapi dengan pengeras suara dan mikrofon.

Siddhan Vats androidly

Siddhan Vats (17 tahun) desainer Androidly – Androidly

Baca juga: Inilah Karakter Orang yang Suka Pakai Jam Tangan

Empat orang mahasiswa dari India berada di balik pembuatan jam tangan inovatif ini. Mereka adalah pengembang software Ankit Pradhan (24 tahun), praktisi ilmu komunikasi Pavneet Singh Puri (24), pengacara Apurva Sukant (24 tahun), dan desainer produk Siddhant Vats (17 tahun).

Sukant mengatakan, “Ada produk sejenis lainnya di pasar, namun kebanyakan hanya melakukan sinkronisasi dengan ponsel pintar dan bukan ponsel itu sendiri.”

“Kami telah mendaratkan Android ke tempat yang jauh lebih kecil dan menciptakan ponsel yang bisa dipakai.”

Ide penciptaan jam tangan pintar ini berawal ketika Puri merasa kesulitan mengangkat telepon yang berada di kantungnya karena tangannya kotor oleh kari yang sedianya akan dihidangkan saat acara festival di kampusnya.

Baca juga: BBM Segera Hadir di Android dan iOS

“Saat memakan makanan penutup, kami berdiskusi tentang hal ini dan berpendapat bahwa semuanya bisa dibuat jauh lebih mudah jika peralatan selalu berada dalam jangkauan, mudah diakses, dan terlihat,” kata Puri.

Vats yang menjabat sebagai CMO Androidly menyambung,”Membuat jam tangan nampaknya merupakan solusi yang paling praktis.”

Jam tangan ini kemudian tercipta berkat bantuan kampanye pengumpulan dana di Kickstarter. Jam tersedia dengan dua pilihan warna, hitam dan putih.

(hp)

Daily Mail

Comment di sini