Cara Agar Tetap Bugar Selama Puasa Ramadan

by
July 3rd, 2013 at 3:55 pm
Sehat selama puasa - Ist

Sehat selama puasa – Ist

CiriCara.com – Beberapa hari lagi akan memasuki bulan Ramadan. Seluruh umat muslim yang berada di seluruh penjuru dunia akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus tetapi juga hawa nafsu yang lain.

Walaupun sedang bepuasa, namun nantinya para umat muslim akan tetap menjalankan aktivitasnya. Memang terdengar berat, namun Anda harus tetap menjalankannya dengan penuh semangat.

Saat berpuasa, mungkin sejumlah orang akan merasakan lesu sehingga jadi tak bersemangat untuk beraktivitas. Akan tetapi, jangan biarkan hal tersebut melanda diri Anda. Anda harus tetap bugar dan sehat selama berpuasa di bulan Ramadan nanti.

Bagaimana caranya? Berikut cara agar tetap sehat dan bugar selama puasa Ramadan:

1. Harus niat berpuasa

Niat merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan saat menjalankan puasa. Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik Anda siap untuk menghadapi sesuatu. Diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat bepuasa lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal tersebut dikarenakan niat menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga Anda siap menahan lapar hingga waktu berbuka.

2. Jangan tinggalkan sahur

Makan sahur penting dilakukan bagi orang yang ingin berpuasa. Dengan makan sahur, Anda jadi mendapatkan cadangan untuk tetap beraktivitas. Jika tak makan sahur, maka bseseorang akan mudah menjadi “Hipoglikemia”. di mana kadar gula dalam darah turun. Hal tersebut menyebabkan tubuh lesu, loyo, mengantuk, bahkan marah.

3. Jangan mengonsumsi gula berlebih saat sahur

Menjaga kebersihan mulut dan gigi selama puasa - Ist

Menjaga kebersihan mulut dan gigi selama puasa – Ist

Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya, rasa lapar jadi cepat timbul dan badan akan terasa lemas. Untuk itu, pada saat sahur perbanyaklah mengosumsi makanan yang mengandung protein tinggi karena diolah lebih lambat dibandingkan jenis makanan lainnya.

4. Berbuka puasa tepat waktu

Jika waktunya berbuka, Anda harus segera melakukannya. Berbukalah dengan makanan yang manis terlebih dahulu, seperti buah kurma. Makanan yang manis lebih bagus dikonsumsi untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Setelah itu, makan dan minumlah secukupnya agar lambung tak terlalu berat. Ketahuilah bahwa terlalu banyak makan saat berbuka akan menyebabkan sebagian besar darah tersalurkan ke alat pencernaan. Akibatnya, aliran darah ke otak menjadi lebih sedikit sehingga tubuh menjadi lemas, mengantuk, dan malas berpikir.

5. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Selama bepuasa, Anda harus tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saat berpuasa semua kegiatan makan dan minum tidak akan dilakukan sehingga produksi liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk menggosok gigi setelah makan sahur.

6. Tetap berolahraga

Olahraga penting bagi tubuh. Walaupun berpuasa, namun And aharus tetap berolahraga. Waktu yang paling tepat untuk berolahraga adalah beberapa jam, satu atau 2 jam sebelum atau sesudah berbuka. Namun, lakukanlah olahraga yang ringan-ringan saja.

Itulah cara agar tetap sehat dan bugar selama puasa Ramadan. Bagaimanapun juga, menjalankan ibadah puasa harus tetap bersemangat. Puasa bukan hanya menambah pahala saja, tapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. (NR)

Comment di sini