Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

by
July 3rd, 2013 at 2:58 pm

CiriCara.com – Kini penyakit diabetes sudah menjamur di mana-mana. Penyakit diabetes kerap ditemui pada seseorang yang memasuki usia fase paru baya. Biasanya, diabetes yang sering dialami oleh orang-orang dewasa adalah Diabetes Melitus tipe 2.

Cara aman berpuasa bagi penderita Diabetes - Ist

Cara aman berpuasa bagi penderita Diabetes – Ist

Penyakit ini bukan disebabkan kurangnya kadar insulin dalam sirkulasi darah melainkan terjadinya gangguan metabolisme tubuh akibat tidak pekanya jaringan sel pada tubuh, khususnya di bagian hati dan pankreas terhadap hormon insulin.

Mengingat beberapa hari lagi akan memasuki bulan suci Ramadan, bagi Anda yang penderita diabetes tetap bisa menjalankan puasa. Agar lebih aman dan nyaman, Anda juga perlu mengatur makanan. Anda disarankan untuk memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Dilansir dari Liputan6.com, Dr. Wismandari, SpPD, FINASIM, seorang Konsultan Diabetes mengatakan bahwa ada cara mengatur makanan agar puasa bisa lancar dan aman bagi penderita Diabetes Melitus. Bagaimana caranya? Berikut cara aman berpuasa bagi penderita diabetes:

1. Melambatkan sahur dan berbuka tepat waktu

Melambatkan sahur sangat penting bagi penderita diabetes. Maksudanya, penderita diabetes sebaiknya sahur ketika mendekati imsak saja dan makan perlahan-lahan. Selain itu, penderita Diabetes juga disarankan untuk segera berbuka jika memang sudah waktunya. Jangan menunda-nunda karena bisa membahayakan diri sendiri.

2. Minum air yang cukup selama puasa

Walaupun sedang menjalankan puasa, alangkah baiknya penderita diabetes tetap meminum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari.

3. Pilih karbohidrat kompleks

Makanan berserat - Ist

Makanan berserat – Ist

Pilih karbohidrat kompleks yang butuh pembakaran lama saat sahur.Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat tubuh terus mengeluarkan energi untuk menghancurkannya dan mengurangi risiko timbunan lemak yang disebabkan oleh kelebihan gula. Karbohidrat kompleks bisa ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan sayuran.

4. Kurangi makanan berlemak dan perbanyak serat

Makanan berserat merupakan yang mengandung serat di mana tubuh tidak bisa mencerna atau menyerapnya. Dikarenakan tak bisa dicerna oleh bagian pencernaan dalam tubuh, serat makanan ini tak akan menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh. Makanan berserat bisa didapatkan dari jenis sayuran dan buah-buahan. Namun, jenis buah yang baik untuk penderita diabetes antara lain, pir, apel, anggur, al[pukat, ceri, jeruk, dan melon.

Itulah cara aman berpuasa bagi penderita diabetes. Untuk porsi kalori asupan yang harus dipenuhi selama Ramadhan yaitu 50% saat berbuka puasa, 10 % setelah sahur, dan 40% saat sahur. Dengan begitu, puasa Anda akan lancar walaupun mengalami diabetes. (NR)

Comment di sini