Cara Menyuburkan Rambut dengan Bahan Alami

by
July 3rd, 2013 at 10:18 am
Rambut sehat - Ist

Rambut sehat – Ist

CiriCara.com – Wanita yang berambut pendek atau panjang tentunya ingin memiliki kulit kepala dan rambut yang sehat, bukan? Sejumlah wanita menganggap bahwa rambut merupakan mahkotanya yang perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar tumbuh sehat.

Jika rambutnya terlihat lepek, maka bisa membuat mood-nya jadi tidak tidak baik pada hari itu, benarkah? Untuk itu, sebaiknya Anda perlu rajin-rajin merawat rambut agar tetap indah, kuat, lebat, dan berkilau. Perawatan rambut tak perlu dilakukan di salon dengan melakukan hair spa ataupun creambath. Namun, cara tersebut sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Di rumah Anda bisa menggunakan langsung dari bahan alami. Bahan-bahan apa yang bisa digunakan dan bagaimana cara menggunakannya? Dilansir dari Merdeka.com, berikut cara alami menyuburkan rambut:

1. Minyak kemiri

Pakai minyak kemiri untuk memperbaiki dan memperkuat rambut. Kandungan minyak yang ada di dalam kemiri sangat bagus untuk akar rambut. Cara memakainya, Anda bisa langsung mengusapkan minyak kemiri untuk creambath. Namun, lakukan sebelum keramas agar baunya tak menyengat.

2. Seledri

Seledri memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut. Kandungan tersebut, antara lain kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri bisa membuat rambut Anda jadi lebih sehat, kuat, dan berkilau.

3. Minyak zaitun

Lidah buaya untuk menyuburkan rambut - Ist

Lidah buaya untuk menyuburkan rambut – Ist

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami mujarab dalam perawatan rambut. Selain membuat rambut lebih halus juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Anda bisa mengoleskan lima tetes minyak zaitun ke kepala yang sudah dicuci. Pijat dan diamkan selama semalaman. Pada pagi harinya, Anda barus mengeramasinya dengan sampo.

4. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung tonik yang berguna untuk menyuburkan dan memberi nutrisi pada akar rambut. Gosokkan lendir lidah buaya pada kulit kepala, lalu pijat dan diamkan selama lima belas menit. Bilas dengan memakai sampo dan lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

5. Kulit apel

Kulit apel memiliki beberapa vitamin dasar yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Ketika sirkulasi berjalan lancar akan berpengaruh baik pada pertumbuhan rambut. Caranya, Anda bisa menghaluskan kulit apel dahulu, lalu oleskan pada rambut. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas.

6. Madu

Madu bukan hanya digunakan untuk masker wajah saja, tapi juga rambut. Memakaikan madu ke rambut dan kulit kepala bisa membuat akarnya menjadi lebih kuat sehingga tak mudah rontok.

7. Bawang merah

Bawang merah untuk menyuburkan rambut? Mungkin Anda baru saja mendengarnya. Tapi, ketahuilah bahwa bawang merah berkhasiat untuk mencegah rambut rontok. Bawang merah bukan Anda oleskan ke kepala, melainkan bisa dikonsumsi jika seudah dibuat menjadi acar.

8. Santan

Santan bisa bikin rambut Anda menjadi lembut, mengkilap, dan tumbuh lebih cepat. Caranya, Anda bisa langsung memakaikan ke kulit kepala. Lalu, tutup rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

Itulah cara alami menyuburkan rambut. Untuk mendapatkan hasil yang cepat, Anda perlu melakukan cara tersebut secara rutin. Dengan begitu, rambut Anda akan tumbuh subur dan sehat. (NR)