Gempa Aceh: Jumlah Korban Tewas Mencapai 22 Orang

by
July 3rd, 2013 at 10:08 am

Bireuen (CiriCara.com) –  Korban gempa bumi berkekuatan 6,2 SR pada hari Selasa, 2 Juli 2013 bertambah hingga pagi hari ini. Setidaknya ada 22 orang meninggal dunia karena gempa tersebut.

Gempa bumi di Aceh, 2 Juli 2013

Gempa bumi di Aceh, 2 Juli 2013

Selain itu, gempa yang terjadi dua kali itu juga menyebabkan 210 orang luka-luka, dan ribuan bangunan serta rumah di sekitar lokasi gempa rusak.

Dilansir dari Kompas.com, perkembangan dan upaya yang dilakukan untuk menangani gempa tersebut sudah dilaporkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif.

Di Aceh Tengah, jumlah korban meninggal dunia bertambah menjadi 10 orang, sementara 140 orang luka-luka. Semua korban kini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

Bangunan yang rusak meliputi rumah, masjid, meunasah, dan juga kantor pemerintahan. Jumlah bangunan yang rusak diperkirakan mencapai 1.500 unit. Gempa juga mengakibatkan ruas jalan di Aceh Tengah mengalami longsor.

Di Kabupaten Bener Meriah, terdapat 12 orang meninggal dunia sementara 70 orang dirawat di RSUD Bener Meriah dan juga Puskesmas setempat.

Hingga pagi ini, upaya penanganan gempa terus dilakukan termasuk pendataan jumlah korban dan kerugian yang kemungkinan besar bisa bertambah.

Tim dari BNPB, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian PU sudah berada di Bener Meriah untuk melakukan koordinasi.

Tim BNPB juga sudah mengirimkan satu helikopter Collibri TNI AU dari Pekanbaru ke Aceh dan pesawat CN 235 TNI AU untuk melakukan foto udara dan kaji cepat dari udara mengenai dampak kerusakan gempa. (RN)

Comment di sini