LIPI: Penyebab Gempa Aceh Sama dengan Gempa Tsunami 2004

by
July 3rd, 2013 at 11:09 am

Banda Aceh (CiriCara.com) – Gempa Aceh berkekuatan 6,2 SR yang terjadi kemarin, Selasa, 2 Juli 2013 menyebabkan puluhan orang tewas dan ratusan orang lainnya luka-luka.

Gempa di Bener Meriah - Ist.

Gempa di Bener Meriah – Ist.

Diduga, gempa kali ini mempunyai penyebab yang sama dengan gempa disertai tsunami yang terjadi pada tahun 2004 lalu.

Dilansir dari Solopos.com, analisis ini diungkapkan oleh pakar gempa dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Danny Hilman Natawidjaja. Menurutnya, gempa kali ini terjadi karena pergeseran patahan Sumatra atau Semangko.

Ia juga mengatakan ada dua patahan besar yang sejajar memanjang di Pulau Sumatera. Patahan yang pertama adalah zona subduksi yang memanjang di Laut Samudra Hindia sepanjang bagian barat Sumatera.

Karena pergeseran inilah makan tahun 2004 terjadi gempa dan tsunami di Aceh. Kemudian patahan kedua adalah Patahan Sumatera atau Semangko di tengah daratan Sumatera.

Menurut informasi, pusat gempa 6,2 SR ini terjadi di daratan Bener Meriah dan Aceh Tengah. Kemungkinan besar gempa terjadi karena pergeseran patahan tersebut.

“Yang jelas secara umum gempa itu bukan hal yang istimewa. Di situ sudah ratusan tahun enggak ada gempa besar, skala gempanya sekitar 6 SR. Apakah memang tipikalnya begitu atau energinya belum keluar ya belum tahu,” katanya seperti dikutip oleh sumber berita.

Gempa yang terjadi di tanah Serambi Mekah ini terjadi sebanyak dua kali kemarin. Gempa pertama terjadi pada siang hari sementara gempa susulan dengan kekuatan yang sama besar terjadi pada malam hari.

Akibat gempa itu, 22 orang meninggal dunia, 210 orang luka-luka, dan ribuan bangunan serta rumah luluh lantak. 6 orang dari korban yang meninggal dunia adalah anak-anak yang sedang mengaji di masjid sebelum gempa susulan datang. (RN)

Comment di sini