Setelah Gempa, Gunung Berapi di Aceh Diisukan Meletus

by
July 3rd, 2013 at 1:36 pm

Bireuen (CiriCara.com) – Hingga pagi hari ini, 22 orang meninggal dunia dan 210 mengalami luka-luka karena gempa bumi 6,2 SR yang melanda Aceh kemarin, Selasa, 2 Juli 2013.

Gunung Burni Telong - Ist.

Gunung Burni Telong – Ist.

Dilansir dari Sindonews.com, korban meninggal tersebar di wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah. Di Aceh Tengah, 10 orang tercatat tewas karena bencana alam tersebut, sementara di Bener Meriah, korban meninggal menembus angka 12 orang.

Akibat gempa berkekuatan besar yang datang dua kali ini, warga di kawasan Bener Meriah masih mengalami trauma. Gempa susulan pun masih sering terjadi hingga detik ini.

Para wargapun masih mendirikan tenda darurat di pekarangan rumah sakit untuk menangani pasien korban gempa.

Belum reda trauma warga Bener Meriah karena gempa hebat yang melanda Jakarta, mereka kembali diguncang dengan isu gunung api Burni Telong yang diisukan akan meletus karena gempa.

Hal ini tentu mengundang kepanikan baru di tengah masyarakat. Sejumlah warga bahkan tidak berani tidur di dalam rumah dan memilih pergi ke pengungsian yang ada di sekitar mereka.

Sampai hari ini, pemerintah daerah dan pusat sudah melakukan usaha maksimal untuk menolong korban gempa tersebut.

Bantuan datang dari tim BNPBKementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian PU yang kini sudah berada di Bener Meriah untuk melakukan koordinasi.

Tim BNPB juga sudah mengirimkan satu helikopter Collibri TNI AU dari Pekanbaru ke Aceh dan pesawat CN 235 TNI AU untuk melakukan foto udara dan kaji cepat dari udara mengenai dampak kerusakan gempa. (RN)

Comment di sini