Terlalu Murah, SIM Card Akan Dijual Minimal Rp 100 Ribu

by
July 3rd, 2013 at 4:41 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Harga SIM Card  dari berbagai provider yang dijual di pasaran sekarang ini memang tergolong sangat murah.

SIM Card - Ist.

SIM Card – Ist.

Persaingan antar provider telekomunikasi membuat harga SIM card sengaja ‘dimurahkan’ agar menarik perhatian pelanggan. Bahkan dengan uang sebesar Rp. 2.000 saja, pembeli sudah mendapatkan SIM card yang ia mau.

Hal ini juga memberi peluang besar kepada para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Misalnya saja, dengan harga SIM card yang murah, seorang pelaku kejahatan bisa dengan leluasa berganti-ganti nomor telepon.

Oleh karena itu, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengusulkan agar harga kartu perdana atau SIM card perdana dinaikkan. Jika hal ini terealisasi, maka kemungkinan besar harga SIM card akan berharga minimal Rp. 100 ribu.

Langkah tersebut juga dilakukan agar tingkat kehangusan nomor karena pelanggan tidak aktif semakin menurun.

Namun langkah tersebut baru sebatas wacana saja karena kebijakan itu belum diuji publik dan masih dalam tahap proses.

“Rancangan Peraturan Menteri ini belum diuji publik dan masih dalam tahap proses. Belum tahu kapan dilaksanakan karena masih dikaji di internal Kominfo. Kalau surat dari BRTI sudah dikirimkan cukup lama,” ucap Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto seperti ditulis oleh sumber berita, Detik.com, Selasa, 2 Juli 2013

Gatot juga menjelaskan bahwa nantinya operator dilarang menjual lebih dari 5 kartu perdana untuk satu calon pengguna. Sementara itu, nomor yang tidak digunakan selama 2 bulan berturut-turut harus segera dinonaktifkan untuk didaur ulang. (RN)

Comment di sini