5 Tipe Rekan Kerja yang Menyebalkan dan Cara Menghadapinya

by
July 4th, 2013 at 3:36 pm
Menghadapi rekan kerja yang menyebalkan - Ist

Menghadapi rekan kerja yang menyebalkan – Ist

CiriCara.com – Sebuah kantor atau perusahaan tentunya memiliki karakter karyawan yang berbeda-beda. Karakter karyawan tersebut ada yang baik, menyebalkan, ataupun yang jahat. Seseorang yang berada di dalamnya juga harus bisa menyesuaikan diri demi memajukan perusahaan itu sendiri.

Jika mendapat rekan kerja yang menyenangkan dan baik hati, maka bisa membuat seseorang menjadi betah di perusahaan tersebut. Akan tetapi, bagaimana jika mendapat rekan kerja yang menyebalkan, seperti suka bergosip, banyak omong, suka mengeluh, dan sikap lainnya yang mengganggu konsentrasi orang saat bekerja?

Hal tersebut tentunya bisa membuat hati jengkel. Malangnya, orang yang menyebalkan itu berada di departemen yang sama dan Anda harus tetap menjaga hubungan baik dengannya. Akan tetapi, jika Anda memang sudah muak dengan sikapnya yang menyebalkan itu, maka ada cara untuk mengatasinya. Bagaimana?

Inilah 5 tipe rekan kerja yang menyebalkan dan cara menghadapinya:

1. Tukang gosip

Tukang gosip selalu punya berita apapun di lingkungan kerja dan biasanya dia akan menyebarkannya ke semua orang. Akan tetapi, cerita dari si tukang gosip itu tidak semuanya benar. Lalu, apakah Anda harus mendengarkannya? Ketika mendapat berita terbaru darinya, Anda harus panda-pandai meganalisanya. Selain itu, jangan memberikan respons yang berlebihan karena bisa saja Anda yang menjadi bahan gosip berikutnya.

2. Tukang mengeluh

Rekan kerja suka gosip - Ist

Rekan kerja suka gosip – Ist

Rasanya tak ada yang bisa membuat si tukang mengeluh bahagia. Saat di kantor, si dia selalu saja mengeluh tentang kesehatannya, keluarganya, pekerjaannya, perusahaannya, dan lain sebagainya. Mendengar keluhannya itu terkadang membuat Anda menjadi stres. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cara yang bisa Anda lakukan yaitu mengganti topik pembicaraan. Saat si dia sedang mengeluh pada Anda, sebaiknya gantilah topik pembicaraan mengenai hal lucu ataupun lainnya.

3. Tukang mengoper pekerjaan

Tipe ini merupakan seseorang yang suka mengalihkan pekerjaannya kepada orang lain, padahal dirinya tak memiliki kewenangan. Biasanya, mereka melakukan ini karena tak sanggup mengerjakan pekerjaan yang diberikan. Cara mengatasinya, Anda bisa membantu sewajarnya saja jika ada waktu. Namun, jika tak memiliki waktu, Anda bisa langsung menolaknya saja.

4. Tukang klaim keberhasilan

Salah tipe rekan kerja seperti ini paling menyebalkan. Si dia tak pernah mengakui bahwa proyek yang berhasil dikerjakan dan dipuji oleh atasan merupakan hasil kerja tim. Dirinya mengklaim prestasi kerja sebagai hasil kerjanya sendiri. Jika mendapat rekan kerja yang seperti itu, maka Anda bisa menghadapinya dengan cara menegurnya. Cobalah katakan bahwa hasil kerja itu merupakan jerih payah dari tim.

5. Tukang ngoceh

Sekilas, tipe rekan kerja seperti ini menyenangkan. Dirinya ramah, mudah bergaul, dan senang bercerita. Namun, kegemarannya itu bisa membuat konsentrasi rekan kerja lainnya jadi terpecah. Untuk mengatasinya, Anda berbicara kepadanya dan mengatakan bahwa sikapnya itu membuat orang lain jadi sulit berkonsentrasi. Cara lain, Anda bisa mendengarkan ceritanya tapi janganlah memberikan repons.

Itulag 5 tipe rekan kerja yang menyebalkan dan cara menghadapinya. Pada intinya, Anda harus menegur dan berbicara dengannya secara baik-baik jika sikapnya itu sudah keterlaluan dan membuat rekan kerja lainnya jadi sulit untuk berkonsentrasi. Jika si dia tak berubah, maka Anda bisa melaporkannya langsung kepada HRD atau atasan. Hal tersebut demi kenyamanan Anda dan rekan kerja lainnya saat di kantor.

Baca juga: Tipe rekan kerja yang perlu dijauhi.

(NR)

 

Comment di sini