Cara Memangkas Pengeluaran Rumah Tangga

by
July 4th, 2013 at 4:41 pm
Mengatur keuangan keluarga - Tabloid Nova

Mengatur keuangan keluarga – Tabloid Nova

CiriCara.com – Saat seseorang sudah berkeluarga tentunya pengeluaran akan menjadi lebih banyak. Pengeluaran rutin per bulan itu, seperti membayar listrik, air, telepon, belanja kebutuhan sehari-hari, biaya sekolah anak jika memang sudah memiliki anak, dan lain sebagainya.

Dikarenakan memenuhi hal tersebut, namun terkadang tak ada uang yang tersisa atau malah mengurangi kebutuhan. Hal tersebut sebenarnya bisa saja tidak Anda alami jika pandai mengatur keuangan keluarga dan memangkas pengeluaran rumah tangga.

Sebelumnya, CiriCara sudah pernah membahas mengenai cara mengatur keuangan keluarga. Namun, kali ini akan membahas mengenai cara memangkas pengeluaran rumah tangga. Bagaimana caranya?

Berikut cara memangkas pengeluaran rumah tangga:

1. Membeli produk tak bermerek

Salah stau cara untuk memangkas pengeluaran adalah belanja produk-produk yang tak bermerek atau bermerek kurang terkenal tapi memiliki kualitas yang sama baiknya dengan produk yang bermerek. Dalam hal ini, ibu rumah tangga diharuskan untuk teliti dalam memilihnya. Anda bisa membeli produk yang kurang terkenal untuk tisu toilet, bumbu masak, ataupun air mineral.

2. Manfaatkan layanan free delivery

Pada saat Anda sedang tidak masak, kemungkinan akan membeli makanan atau makan malam di luar. Namun, untuk menghemat pengeluaran sebaiknya tak usah melakukan hal tersebut. Anda bisa memanfaatkan layanan free delivery ketika ingin memesan makanan. Pesanlah makanan di restoran yang memiliki pelayanan tersebut sehingga bisa menguntungkan Anda. Selain itu, cara ini juga bisa membuat besin mobil atau motor Anda di rumah.

3. Manfaatkan member card yang dimiliki

Mencatat pengeluaran per bulan - Ist

Mencatat pengeluaran per bulan – Ist

Ke manakah Anda biasa berbelanja? Alangkah baiknya Anda berbelanja di supermarket yang terdapat member card. Biasanya, supermarket yang ada member card-nya itu memberikan diskon bagi yang memilikinya.

Akan tetapi, jika Anda biasa berbelanja di pasar tradisional, maka carilah penjual yang sudah dekat. Biasanya mereka tidak segan memberikan diskon untuk pelanggan setianya. Hal tersebut jika Anda lakukan tentunya akan menghemat pengeluaran rumah tangga.

4. Belanja dengan cepat

Belanja dengan cepat merupakan salah satu cara menghemat pengeluaran rumah tangga. Namun, Anda harus mencatat terlebih dahulu kebutuhan yang akan dibeli. Dengan mencatat apa saja yang ingin dibeli, Anda juga jadi bisa belanja dnegan cepat. Ketahuilah bahwa berlama-lama berada di supermarket akan membuat Anda jadi ingin membeli ini dan itu sehingga pengeluaran jadi bertambah.

5. Memilih channel TV kabel

Apakah Anda di rumah berlangganan TV kabel? Lalu, apakah semua channel Anda gunakan sehingga bayarnya menjadi lebih mahal? Tv cable merupakan alternatif hiburan di rumah, namun pilihlah channel yang biasa ditonton saja. Selain membantu Anda membatasi tontonan bagi si kecil, namun memilih channel seperlunya saja juga membantu menghemat pengeluaran per bulan.

Itulah cara cerdas memangkas pengeluaran rumah tangga. Jika Anda melakukan hal tesebut, maka kebutuhan rumah tangga akan bisa terpenuhi semuanya. Bagaimana, Anda mau menerapkan cara tersebut agar pengeluaran rumah tangga jadi lebih hemat?

(NR)