Cara Mencegah Bau pada Rambut

by
July 4th, 2013 at 10:16 am

CiriCara.com – Penampilan rambut yang segar dan wangi tentunya membuat sebagian besar orang jadi merasa lebih percaya diri. Dengan memiliki rambut yang sehat dan wangi juga bisa menambah semangat untuk beraktivitas.

Rambut tidak sehat - Ist

Rambut tidak sehat – Ist

Akan tetapi, tak semua orang memiliki rambut yang seperti itu. Beberapa orang lainnya terkadang mengeluh memiliki rambut yang berbau apek sehingga membuatnya jadi kurang percaya diri. Kenapa rambut bisa berbau?

Dilansir dari Healthmeup.com, Glenn Lyons, manajer klinis di Klinik Philip Kingsley Trichological mengatakan bahwa ada kelenjar sebaceous yang melekat pada setiap folikel rambut dan itu memproduksi minyak. Jika rambut berminyak, maka rentan menangkap asap sehingga rambut jadi berbau tidak sedap.

Tapi jangan khawatir karena bau yang tidak sedap pada rambut itu bisa dicegah. Bagaimana cara mencegahnya? Dilansir sumber yang sama, berikut cara mencegah bau pada rambut:

1. Rajin mencuci rambut

Anda disarankan untuk rajin mencuci rambut dengan memakai sampo. Mengeramasi rambut dengan sampo idealnya memang dua hari sekali. Tapi tak ada salahnya Anda mengeramasi rambut sehari sekali jika terasa lepek atau terlalu banyak aktivitas yang mengeluarkan keringat. Pilihlah sampo yang mengandung obat anti-jamur serta bahan-bahan anti-bakteri.

2. Minum air putih yang cukup

Agar tubuh tidak dehidrasi dan menjaga kesehatan rambut, alangkah baiknya Anda perbanyak minum air putih per harinya. Pastikan Anda meminum air putih 2 lter per hari.

3. Kurangi minuman berkafein

Rajin mengeramasi rambut - Ist

Rajin mengeramasi rambut – Ist

Ketahuilah bahwa kafein bisa meningkatkan suhu tubuh.

4. Kurangi makanan pedas

Makanan pedas bisa meningkatkan produksi keringat yang menyebabkan rambut Anda menjadi cepat berbau. Untuk itu, kurangi segala jenis makanan pedas dan perbanyklah mengonsumsi buah dan sayuran.

Baca juga: 7 makanan paling baik untuk rambut.

5. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol menyebabkan pembuluh darah makin besar yang bisa meningkatkan panas tubuh sehingga menimbulkan bau juga pada rambut.

6. Hindari cemas dan stres

Cemas dan stres bisa membuat Anda jadi cepat berkeringat sehingga menimbulkan bau pada rambut.

7. Melakukan yoga atau meditasi

Untuk memghilangkan stres dan rasa cemas, Anda disarankan untuk melakukan yoga atau meditasi. Luangkanlah waktu untuk melakukan hal tersebut agar membuat pikiran Anda kembali tenang.

Itulah cara mencegah bau pada rambut. Bagaimanapun juga, memiliki rambut yang berbau tidak sedap akan mempengaruhi penampilan Anda. Anda jadi tak bersemangat melakukan aktivitas dan kurang percaya diri. Untuk itu, cegahlah bau pada rambut dengan cara di atas agar rambut tetap sehat. (NR)

Comment di sini