Layanan Sering Bermasalah, BlackBerry Harus Ganti Rugi

by
July 4th, 2013 at 2:30 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pengguna BlackBerry kembali dipusingkan dengan layanan yang ‘down‘ kemarin, Rabu, 3 Juli 2013. Para pemakai layanan produk asal Kanada tersebut harus menunggu selama beberapa jam karena layanan BlackBerry lumpuh total.

BlackBerry - BBC

BlackBerry – BBC

Layanan BlackBerry yang lumpuh ini menyasar BlackBerry Messenger, e-mail, hingga browsing. Akibatnya para pengguna BlackBerry hanya bisa menggunakan layanan biasa sebuah ponsel seperti mengirim pesan sigkat dan menelepon.

Kenapa BlackBerry sering mengalami gangguan?

Dilansir dari Merdeka.com, menurut Aeran Ismail, Juru Bicara BlackBerry Indonesia, gangguan kali ini rupanya hanya terjadi di wilayah Indonesia saja, bukan di Asia Pasifik seperti yang telah diberitakan kemarin.

Pihak BlackBerry Indonesia juga sudah menghubungi berbagai provider telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat, dan XL untuk mencari tahu penyebab gangguan tersebut. Mereka menduga bahwa ada gangguan pada jaringan operator.

Walaupun sampai saat ini belum diketahui sejara pasti penyebab gangguan kemarin, namun ribuan pengguna BlackBerry telah dirugikan dengan insiden tersebut.

Rata-rata para pengguna BlackBerry yang sempat berkicau di Twitter merasa kesal karena mereka telah membayar layanan paket BlackBerry namun sering sekali mengalami masalah.

Karena gangguan yang tidak hanya terjadi sekali atau dua kali tersenut, produsen BlackBerry dituntut memberikan kompensasi berbentuk penambahan hari layanan sebagai ganti rugi.

Sementara itu, meurut Didie W Soewondho selaku Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang IT dan Komunikasi mengatakan bahwa masalah seperti ini bisa muncul karena jaringan yang sangat ramai atau over crowded.

Jika BlackBerry terus menerus mengalami permasalah serupa seperti ini, maka kemungkinan besar produk yang berasal dari Kanada ini akan ditinggalkan para pelanggannya.

Apalagi di zaman sekarang, BlackBerry sudah semakin terancam dengan hadirnya smartphone berbasis iOS dan Android yang memungkinkan pengguna mengoperasikan lebih banyak aplikasi dibanding BlackBerry. (RN)

Comment di sini