Makanan dan Minuman Terlarang Bagi Ibu Hamil

by
July 4th, 2013 at 11:36 am

CiriCara.com – Bagi Anda yang sedang hamil, ketahuilah bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dicoret untuk dikonsumsi setiap harinya. Jika sebelum hamil Anda suka kuliner makanan dan mengonsumsi segala jenis makanan, maka kini harus membatasinya.

Ibu hamil - Ist

Ibu hamil – Ist

Tujuannya adalah demi menjaga kesehatan si calon bayi yang berada di dalam kandungan dan si ibu. Makanan merupakan faktor penting guna membentuk kehamilan yang sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang cukup bisa menjadikan ibu hami sehat dan fit saat menjalani kehamilannya.

Untuk menentukan makanan, biasanya para ibu hamil juga bertanya-tanya mengenai makanan apa saja yang boleh dan tak boleh dikonsumsi. Namun, kali ini CiriCara akan membahas makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil demi mendapatkan kehamilan yang sehat.

Makanan apa saja yang tak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, berikut makanan dan minuman terlarang bagi ibu hamil:

1. Makanan mentah atau setengah matang

Aneka makanan mentah - Ist

Aneka makanan mentah – Ist

Pada saat hamil, jangan sekali-kali Anda mengonsumsi makananyang masih mentah atau setengah matang. Misalnya, telur mentah, daging setengah matang, kerang mentah, sashimi, sushi mentah, dan kerang mentah. Selain itu, hindari juga makanan olahan dari telur mentah, seperti dressing untuk salad dan mayonaise segar. Ketahuilah bahwa bahan pangan mentah atau setengah matang mungkin saja tersemar kuman penyakit sehingga mengakibatkan keguguran, janin berkondisi abnormal, dan merusak usus dan ginjal.

2. Keju dan produk susu lainnya

Keju - Ist

Keju – Ist

Alangkah baiknya ibu hamil jangan mengonsumsi keju lunak, seperti brie, camembert, blueveined, keju dari susu kambing dan domba, dan jangan meminum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk tersebut memiliki risiko membawa listeria. Listeria merupakan tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin. Listeria bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan tersebut hingga Anda melahirkan.

3. Seafood atau makanan laut

Seafood - Ist

Seafood – Ist

Protein, zat besi, serta asam lemak omega-3 dalam makanan laut memag bisa membantu meningkatkan pertumbuhan otak bayi. Namun, Anda harus berhat-hati memilih jenis makanan laut untuk dikonsumsi. Ketahuilah bahwa beberapa jenis makanan laut mengandung logam merkuri yang berkadatr tinggi sehingga bisa menghambat pertumbuhan sistem saraf janin. Untuk itu, hindari mengonsumsi sushi mentah, seafood yang diasapkan, serta jenis ikan apapun yang berasal dari laut atau sungai yang telah terpolusi.

4. Makanan yang mengandung pemanis buatan

Pemanis buatan - Ist

Pemanis buatan – Ist

Saat hamil, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Meski efek samping bahan pemanis tambahan terhadap tumbuh kembang bayi belum diketahui secara pasti, namun sejumlah pakar melarang wanita hamil untuk mengonsumsinya. Lebih baik Anda perbanyak minum air putih saja dan meminum jus buah-buahan yang langsung dari buahnya.

5. Minuman berkafein dan beralkohol

Minuman mengandung kafein - Ist

Minuman mengandung kafein – Ist

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh sebaiknya dihindari atau dibatasi karena kopi bisa mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran, dan juga bisa mengurangi penyerapan zat besi. Selain itu, minuman beralkohol juga menyebabkan kelainan perkembangan pada janin.

Itulah makanan dan minuman terlarang bagi ibu hamil. Agar kehamilan tetap sehat hingga melahirkan nanti, sebaiknya hindari dan kurangi asupan tersebut dan mulailah mengonsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil.

Baca juga: Buah yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil.

(NR)

Comment di sini