Ramadan 2013: Ormas Dilarang Sweeping

by
July 4th, 2013 at 9:11 am

Jakarta (CiriCara.com)Umat Muslim akan menyambut bulan Ramadan pekan depan. Biasanya dalam menyambut kedatangan bulan Ramadan, berbagai organisasi masyarakat (ormas) akan melakukan sweeping dengan cara mereka masing-masing.

Yang paling mengkhawatirkan adalah aksi yang dilakukan oleh ormas kebanyakan mengandung unsur kekerasan sehingga kerap menimbulkan kerugian bagi pihak yang terkena sweeping.

Ramadan 1434 H - Ist.

Ramadan 1434 H – Ist.

Namun, Wakapolri Komisaris Jenderal Nanan Sukarna menegaskan bahwa ormas tidak boleh melakukan sweeping selama bulan Ramadan ini.

Kewenangan untuk melakukan sweeping hanya ada di tangan kepolisian dan pemerintah daerah (Pemda).

“Ya, bukan tugasnya mereka (ormas), apalagi itu merugikan, merusak. Ada hal-hal penganiayaan dan sebagainya,” kata Nanan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Juli 2013 kepada sumber berita, Kompas.com.

Menurut Nanan, nantinya oknum ormas yang melakukan sweeping akan ditindak tegas. Satpol PP nantinya juga akan turut turun tangan untuk mengatasi sweeping yang berujung pada perbuatan anarkis.

Dalam melakukan sweeping terhadap tempat hiburan malam, polisi akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Ia juga akan meminta jajarannya untuk lebih menegakkan aturan Pemda pada bulan Ramadan.

Semua tindakan polisi itu dilakukan supaya ormas yang melakukan sweeping di sejumlah lokasi hiburan malam dengan tindak kekerasan merasa jera. (RN)

Comment di sini