Sidarto Danusubroto Gantikan Taufiq Kiemas Jadi Ketua MPR RI

by
July 4th, 2013 at 1:45 pm

Jakarta (CiriCara.com)Sidarto Danusubroto, politisi senior dari zaman Soekarno, akhirnya ditunjuk oleh Megawati untuk menggantikan Taufiq Kiemas sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Sidarto Danusubroto - Ist.

Sidarto Danusubroto – Ist.

Dilansir dari Kompas.com, nama Sidarto ini disampaikan sendiri oleh Megawati selaku Ketua Umum DPP PDI Perjuangan kepada Pimpinan MPR.

Tjahjo Kumolo selaku Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan mengatakan bahwa ia telah mendampingi Megawati bersama-sama dengan petinggi PDI-P lainnya menemui para pimpinan MPR.

“Ibu Ketua Umum dalam pertemuan silaturahim tersebut menyampaikan nama senior partai anggota MPR RI yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan, mantan ajudan Bung Karno, Bapak Sidarto sebagai ketua MPR,” kata Tjahjo di kompleks Gedung Parlemen DPR / MPR, hari ini, Kamis, 4 Juli 2013 kepada sumber berita.

Dengan ditunjuknya Sidarto sebagai Ketua MPR yang baru maka ia akan meneruskan tugas Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR sampai tahun depan.

Keputusan untuk mengangkat Sidarto tersebut resmi disampaikan lewat Fraksi PDI-P di MPR kepada Pimpinan MPR menurut tata tertib yang berlaku.

Sebelum menunjuk Sidarto, sempat muncul nama kandidat kuat lainnya untuk menggantikan almarhum Taufiq Kiemas yang meninggal 8 Juni 2013. Kandidat tersebut adalah Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Anggota Komisi I Sidarto Danusubroto, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani, sampai kepada Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo.

Sidarto Danusubroto adalah Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan yang sudah berumur 77 tahun. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI. (RN)

Comment di sini