Cara Cerdas Melatih Anak Berpuasa

by
July 5th, 2013 at 4:56 pm
Melatih anak puasa - Ist

Melatih anak puasa – Ist

CiriCara.com – Beberapa hari umat muslim akan memasuki bulan Ramadan, di mana mereka diwajibkan untuk berpuasa. Bagi kaum yang sudah baliq, bepuasa di bulan Ramadan itu hukumnya adalah wajib.

Tapi, bagi anak-anak alangkah baiknya untuk dibiasakan berpuasa sejak dini agar ketika dewasa dirinya tak berat menjalankan ibadah tersebut. Melatih anak untuk berpuasa memang tidaklah mudah mengingat anak-anak masih suka melahap segala jenis makanan.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih anak berpuasa. Inilah cara cerdas melatih anak berpuasa:

1. Jelaskan tentang Ramadan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjelaskan kepada anak tentang apa itu Ramadan. Dengan menjelaskan hal tersebut, tentunya bisa membuat si anak bersemangat menjalankan ibadahnya. Jika si anak menyadari betapa pentingnya puasa, maka dirinya akan siap menjalaninya.

2. Puasa bertahap

Untuk anak-anak yang baru mejalani puasa, Anda bisa mengajarinya untuk berpuasa bertahap yaitu mulai dari sahur hingga pukul 10.00 atau 12.00. Biasanya, secara perlahan anak jadi mau berpuasa hingga waktu berbuka tiba.

3. Beri sahur yang bergizi

Bangunkan anak juga untuk makan sahur selama bulan Ramadan. Berikan si anak makanan yang cukup saat sahur. Menu makanan sahur dibuat sesuai dengan kesukaan si anak dan mengandung gizi yang baik untuknya.

4. Menu favorit

Anak makan sahur - Ist

Anak makan sahur – Ist

Anda juga bisa menyiapkan menu favorit anak untuk sahur atau bebuka puasa. Sebelumnya, Anda bisa bertanya pada anak ingin sahur dan berbuka dengan makanan apa. Dengan begitu, si anak akan lebih termotivasi lagi untuk berpuasa.

5. Bersikap sabar di hadapannya

Sangat penting untuk Anda dan anggota keluarga lainnya tidak menunjukkan rasa lapar dan haus saat berpuasa di depan anak-anak. Tunjukkan pada anak kalau puasa itu harus dijalani dengan kesabaran dan tak boleh mengeluh.

6. Memberi semangat pada anak

Jangan lupa juga untuk memberikan semangat kepada si anak agar dirinya mau terus berpuasa hingga satu bulan lamanya. Misalnya, Anda bisa mengatakan, “Ayoo semangat nak, kamu pasti kuat. Hanya tinggal beberapa jam lagi.” Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak untuk menyiapkan menu buka puasa.

7. Jauhkan godaan darinya

Jauhkan segala jenis makanan yang bisa menggodanya untuk berbuka, seperti es krim, cokelat, dan makanan kesukaan si anak lainnya. Sembunyikan makanan tersebut dan usahakan si anak tetap sibuk selama puasa. Anda bisa mengajaknya untuk membaca al-quran, bermain game, dan lain sebagainya.

8. Jangan memarahinya

Jika anak tidak kuat berpuasa atau berbohong, maka sebaiknya jangan langsung dimarahi. Anak berbohong biasanya dikarenakan dirinya tak mau mengecewakan orangtuanya. Alangkah baiknya Anda menasihatinya secara baik-baik saja.

9. Memberikan hadiah

Anda bisa memberikan hadiah jika si anak menjalankan puasa sesua dengan kesepakatan. Tak ada salahnya cara ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya. Agar lebih termotivasi, Anda bisa menjanjikan hadiah tersebut saat lebaran.

Itulah cara cerdas melatih anak berpuasa. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda mengajarkan anak berpuasa sedini mungkin agar dirinya kelak menjadi anak yang taat pada agama.

Baca juga: Cara berbuka puasa yang baik dan benar.

(NR)

Comment di sini