Ciri-ciri Gorengan yang Membahayakan Kesehatan

by
July 5th, 2013 at 3:08 pm
Aneka gorengan - Ist

Aneka gorengan – Ist

CiriCara.com – Di saat ada waktu senggang, terkadang sejumlah orang ingin sekali mengudap makanan. Makanan yang biasa untuk dijadikan camilan itu, seperti gorengan, keripik, atau aneka makanan ringan lainnya.

Gorengan memang nikmat dikudap sebagai camilan pada siang atau sore hari. Tapi, Anda harus waspada karena bisa membahayakan kesehatan.

Di balik kemikmatan dan kerenyahan aneka gorengan itu, ternyata menyimpan beberapa fakta yang cukup membahayakan kesehatan. Misalnya, si penjual gorengan menambahkan plastik ke dalam minyak goreng agar membuat gorengannya selalu terasa renyah.

Hal tersebut tentunya bisa membahayakan kesehatan bagi orang-orang yang mengonsumsinya. Bagi Anda pecinta gorengan, sebaiknya pilihlah gorengan yang sehat. Namun, jangan terlalu sering mengonsumsinya karena bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan.

Gorengan yang membahayakan kesehatan bisa dilihat dari ciri-ciri gorengan itu sendiri. Apa saja ciri-cirinya? Dikutip dari Vemale.com, inilah ciri-ciri gorengan yang membahayakan kesehatan:

1. Warnanya mengkilap

Pernah melihat warna gorengan mengkilap? Gorengan dengan warna mengkilap berarti digoreng dengan minyak yang dicampur dengan plastik. Penjual gorengan memasukkan plastik itu tujuannya adalah agar gorengan yang djualnya tetap garing dan tidak mudah basi. Untuk itu, jangan membeli gorengan dengan warna kuning keemasan mencolok.

2. Terdapat bercak-bercak putih

Gorengan yang tercampur denengan plastik yang dilelehkan di dalam minyak goreng biasanya terdapat bercak-becak putih. Plastik yang dilelehkan itu tidak sempurna meleleh sehingga menggumpal dan menempel pada kulit gorengan.

3. Baunya menyengat

Gorengan - Ist

Gorengan – Ist

Aneka gorengan yang memiliki bau menyengat dan memiliki rasa yang aneh, biasanya mengandung terlalu banyak MSG dan penyedap rasa lainnya. MSG dan penyedap rasa tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam kualitas banyak.

4. Renyah tapi terasa pahit

Pernah memakan gorengan yang renyah tapi pahit padahal sudah dibeli beberapa jam yang lalu? Jika pernah, maka bisa jadi gorengan tersebut mengandung kapur yang dicampurkan pada adonan gorengan. Kapur bisa membuat gorengan tetap renyah walaupun sudah digoreng dari beberapa jam yang lalu.

5. Harganya murah

Jika ditawari beli gorengan yang harganya jauh berbeda dengan yang lainnya, maka Anda patut berhati-hati. Bisa jadi gorengan yang dijual murah itu sudah basi atau mengandung formalin sehingga awet hingga berhari-hari.

Itulah ciri-ciri gorengan yang membahayakan kesehatan. Sebaiknya, gorengan Anda buat saja sendiri di rumah karena lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Namun, jangan terlalu banyak juga mengonsmsinya karena bisa menimbulkan bberapa penyakit, seperti tukak lambung, gangguan pencernaan, gastroentertis, dan nyeri dada. Daripada menyemil gorengan, lebih baik cari camilan lain yang lebih menyehatkan, seperti buah.

Baca juga: Cara membuat pisang goreng pasir yang renyah.

 

(NR)

Comment di sini