IMEI Ponsel Ilegal di Indonesia Akan Diblokir

by
July 5th, 2013 at 2:48 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Karena banyaknya ponsel ilegal dari berbagai merek yang beredar di pasaran, maka akhirnya pemerintah mengambil tindakan serius.

Smartphone dari berbagai merek - Ist.

Smartphone dari berbagai merek – Ist.

Dilansir dari Merdeka.com, sekitar 50 juta ponsel terancam akan dimatikan sinyalnya setelah pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Kementerian Perdagangan dan pimpinan operator telekomunikasi sepakat untuk memblokir nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) ponsel ilegal.

Usulan ini muncul dalam rapat yang dipimpin sendiri oleh Menteri Perdaganan, Gita Wiryawan, hari Rabu, 3 Juli 2013 kemarin. Menurut penelitiannya ada sekitar 10 hingga 15 persen atau sekitar 50 juta ponsel di pasaran Indonesia yang teridentifikasi sebagai ponsel ilegal karena IMEI nya tidak terdaftar.

Sementara itu di Indonesia, jumlah perangkat telekomunaksi yang beredar baik di tangan pengguna maupun di pasaran berjumlah sekitar 500 juta unit dengan jumlah ponsel aktif sekitar 250 juta unit.

Pemblokiran ponsel dengan IMEI ilegal ini didasari dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 82/M.DAG/PER/12/2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler, Komputer Genggam dan Komputer Tablet.

Langkah ini diambil karena dampak negatif akibat perangkat ilegal dirasakan terutama dalam sektor perekonomian. Aksi penghapusan ponsel ilegal ini akan dilaksakan secara bertahap.

Upaya panjang akan dilakukan agar para produsen ponsel memiliki waktu yang cukup untuk melakukan sosialisasi terhadap masyarakat tentang IMEI ponsel legal dan ilegal.

Pemblokiran ponsel dengan nomor IMEI ilegal akan dilaksanakan secara bertahap dalam waku setahun sejak Kamis, 4 Juli 2013.

Selama ini IMEI yang harusnya berbeda antara ponsel satu dengan yang lainnya kadang disalahgunakan oleh para produsen nakal sehingga tak jarang ditemukan dua atau tiga ponsel dengan nomor IMEI sama. (RN)

Comment di sini