Ormas di Bandung Pilih Ibadah Daripada “Sweeping”

by
July 5th, 2013 at 3:42 pm
Ormas Islam, Ormas Dilarang Sweeping

Ormas Islam – Merdeka.com

Bandung (CiriCara.com) – Untuk meningkatkan amalan dan ibadah selama bulan Ramadan, ormas Islam di Kota Bandung tidak akan melakukan sweeping. Mereka lebih memilih mengurusi amalan dan ibadah mereka masing-masing.

Salah satu sesepuh ormas Islam di Kota Bandung, Hilman Firdaus percaya bahwa pihak polisi akan menindak tegas semua tempat hiburan dan restoran yang tetap buka saat Ramadan. Karenanya, ia meminta semua ormas untuk tidak melakukan sweeping secara sepihak.

“Konsentrasi saja pada ibadah. Soal penanganan itu polisi dan instansi terkait sudah mengantisipasi,” kata Hilman usai rapat di Markas Polrestabes Bandung, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/7/2013).

Menurut Hilman, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung juga sudah meminta pihak pemilik tempat hiburan untuk tutup selama bulan Ramadan. “Kami harap pemilik tempat hiburan bisa mematuhi aturan yang sudah dibuat pemerintah itu,” jelasnya.

Meskipun demikian, Hilman mengatakan bahwa pihaknya akan tetap melakukan pengawasan terhadap pusat hiburan di Kota Bandung. Jika ada yang tetap beroperasi saat Ramadan, Hilman akan melaporkannya ke pihak polisi.

Tidak hanya itu, Hilman kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melakukan sweeping. Bahkan, Hilman malah meminta agar polisi menindak tegas ormas yang tetap melakukan sweeping. “Kalau ada yang sweeping, langsung tindak saja,” tegasnya.

Seperti diketahui, larangan ormas untuk melakukan sweeping ini sempat menjadi kontroversi. Banyak yang setuju dan banyak juga yang tidak setuju dengan larangan tersebut. Pasalnya, polisi dinilai tidak cepat tanggap dalam merespon laporan warga.

Sebelumnya, debat soal larangan sweeping untuk ormas di acara “Apa Kabar Indonesia Pagi” yang tayang di TV One sempat menjadi sorotan publik. Hal ini lantaran narasumber, Jubir FPI Munarman tiba-tiba saja menyiram wajah sosiolog Universitas Indonesia, Thamrin Amal Tomagola dengan air teh.

Bagaimana dengan pendapat Anda mengenai larangan ormas melakukan sweeping?

(YG)

Comment di sini