Tak Ada Kapal, Ratusan Wisatawan Terjebak di Karimunjawa

by
July 5th, 2013 at 1:10 pm

Jepara (CiriCara.com) – Ratusan wisatawan yang sedang berada di Pulau Karimunjawa terpaksa bertahan di pulau tersebut selama beberapa hari karena ombak tinggi sehingga tidak ada kapal yang berani melaut ke pulau tersebut.

Pulau Karimunjawa - Ist.

Pulau Karimunjawa – Ist.

Dilansir dari Detik.com, menurut keterangan dari salah seorang wisatawan, pengunjung tertahan di Karimunjawa sejak Selasa, 2 Juli 2013.

“Kapal tidak boleh berangkat karena ombak tinggi 2-2,5 meter. Dari hari Selasa 2 Juli 2013 tidak ada kapal,” kata David kepada sumber berita, Jumat, 5 Juli 2013.

Akibatnya, ratusan orang yang seharusnya sudah kembali ke Jepara terpaksa bertahan di pulau tersebut karena belum ada kepastian tentang kapan aktivitas pelayaran akan kembali dimulai kembali.

Sementara berdasarkan keterangan dari Camat Karimunjawa, Nuryanto, wisatawan yang terjebak itu didominasi oleh wisatawan lokal.

“Jumlah wisatawan yang tertahan berkisar 800-1.000 orang, sedangkan wisatawan asing diperkirakan hanya puluhan orang,” kata Camat Karimunjawa, Nuryanto, di Jepara, Kamis 4 Juli 2013 kepada Tribunnews.com.

Gangguan cuaca tersebut terlihat sangat mengkhawatirkan karena stok bahan makanan dan bahan bakar kendaraan menipis. Sejumlah hotel juga mengganti sejumlah menu makanan menjadi makanan biasa yang lebih murah karena insiden cuaca ini.

Pelayaran menuju ke Jepara akan dimulai kembali ketika ombak di laut sudah pulih seperti sedia kala.

Kejadian seperti ini tidak hanya terjadi sekali saja melainkan berulang kali. Oleh karena itu seharusnya wisatawan mendapat penjelasan dari biro perjalanan atau informasi dari berbagai media yang sering memberitakan cuaca laut di Jepara sebelum memutuskan berlibur. (RN)

Comment di sini