Cara Mengatur Keuangan Keluarga Selama Ramadan

by
July 8th, 2013 at 4:07 pm
Mengelola keuangan - Ist

Mengelola keuangan – Ist

CiriCara.com – Selama bulan Ramadan, biasanya kebutuhan akan meningkat. Hal ini dikeluhkan oleh sebagian besar umat muslim, khususnya para wanita yang sudah berkeluarga. Selain itu, pemerintah juga memberikan informasi bahwa pengeluaran masyarakat terbesar seringkali terjadi menjelang Lebaran.

Meningkatnya kebutuhan, tentunya akan meningkat juga pengeluaran selama satu bulan itu. Pengeluaran yang tak terkontrol selama Ramadan sebaiknya dihindari. Anda harus tetap pandai mengatur keuangan selama Ramadan. Mengatur keuangan selama Ramadan sebaiknya dipersiapkan mulai dari sekarang. Hal tersebut perlu dilakukan untuk melatih diri Anda mengatur keuangan dan menjaga diri agar tak belanja berlebihan.

Untuk mengantisipasi bocornya anggaran selama Ramadan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut cara mengatur keuangan keluarga selama Ramadan:

1. Belanja 2 bulan sebelum bulan Ramadan

Biasanya harga berbagai kebutuhan pokok akan meningkat menjelang bulan Ramadan. Untuk itu, beberapa pengamat mengatakan bahwa waktu yang tepat untuk belanja kebutuhan saat Ramadan adalah dua bulan sebelumnya. Anda bisa belanja 2 bulan sebelumnya untuk barang-barang atau bahan makanan yang bisa tahan lama, seperti mi instant, penyedap rasa, ikan sarden kaleng, dan lain sebagainya. Jika Anda belanja menjelang Ramdan, maka akan menjadi korban fluktuasi harga.

2. Manfaatkan sayuran

Manfaatkan sayuran selama Ramdan - Ist

Manfaatkan sayuran selama Ramdan – Ist

Harga sembako biasanya akan meningkat menjelang Ramadan. Hal tersebut dikarenakan naiknya permintaan masyarakat pada bahan pokok tersebut. Menghadapi hal tersebut, Anda perlu sekali menyiapkan uang lebih atau mengganti menu dengan kandungan nilai gizi yang serupa. Agar anggaran keluarga tak boros, Anda bisa memanfaatkan sayur-sayuran dengan harga yang lebih murah agar nutrisi anggota keluarga tetap terpenuhi.

3. Hemat listrik dan gas

Kegiatan di dapur pada bulan Ramadan ternyata lebih tinggi daripada bulan-bulan biasa. Hal terebut bisa dilihat dari konsumsi gas untuk memasak di dapur. Pada bulan biasa, biasanya wanita yang sudah berumah tangga hanya memasak 2 atau 3 jenis masakan saja. Ketika Ramadan bisa melonjak jadi 5 atau 7 jenis masakan. Melakukan hal tersebut tentunya akan membuat boros pengeluaran gas dan listrik. Alangkah baiknya, selama Ramadan tak usah memasak terlalu banyak jenis makanan. Cukup 2 atau 3 jenis maskan saja asalkan mengandung nutrisi penting untuk tubuh.

4. Jangan terlalu sering menghadiri acara buka bersama

Saat bulan Ramadan menjadi momen berkumpulnya para kerabat untuk mengadakan acara buka puasa bersama. Menghadiri acara tersebut tentunya sangat menyenangkan. Tapi, di sisi lain pengeluaran juga akan lebih banyak jika sering menghadiri acara buka puasa tersebut. Menghadiri acara menyenangkan itu tak apa-apa, namun jangan terlalu sering. Alangkah baiknya memilih acara silaturahmi saja yang digelar di tempat yang nyaman dan murah saja.

Itulah cara mengatur keuangan keluarga selama Ramadan. Jangan sampai selama bulan Ramdan nanti pengeluaran Anda menjadi lebih banyak. Untuk itu, terapkanlah 4 cara di atas agar keuangan keluarga tetap aman. (NR)