Gempa 5,9 SR di Malang, Ratusan Rumah Rusak

by
July 8th, 2013 at 3:19 pm

Malang (CiriCara.com) – Gempa bumi kembali terjadi di Indonesia. Setelah gempa di Bener Meriah, Aceh beberapa waktu lalu kali ini, gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Gempa bumi di Malang - Ist.

Gempa bumi di Malang – Ist.

Dilansir dari Detik.com, akibat gempa ini, ratusan rumah di Kecamatan Gedangan dan Sumbermanjing Wetan, Malang rusak terutama di bagian atap sehingga genteng berserakan dan berjatuhan.

Menurut data, ada sekitar 100 rumah penduduk di Dusun Krajan Lor RT 008/RW 004, Desa/Kecamatan Gedangan yang mengalami kerusakan. Sementara itu di wilayah Sumbermanjing Wetan ada 25 rumah yang mengalami kerusakan.

Meski kerusakan parah melanda rumah warga, namun beruntung tidak ada korban jiwa dan luka parah yang ditemukan. Namun meski begitu, pendataan lebih detail masih dilakukan hingga saat ini.

“Pendataan masih dilakukan, belum jelas berapa jumlah totalnya (rumah yang rusak),” jelas Kepala Bidang Kedarutan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo kepada sumber berita.

Gempa berkekuatan 5,9 SR tersebut terjadi sekitar pukul 09.13 WIB hari ini, Senin, 8 Juli 2013. Pusat gempa terjadi di laut dengan kedalaman 10 kilometer di sebelah tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa ini dipastikan tidak akan menimbulkan gelombang tsunami.

Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan antara lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia. (RN)

Comment di sini