Kemenag Gelar Sidang Isbat Ramadan Sore Ini

by
July 8th, 2013 at 9:30 am
Sidang isbat ramadan 2012, sidang isbat kementerian agama

Menteri Agama dan Wakil Menteri Agama – Ist

Jakarta (CiriCara.com) – Untuk menentukan awal Ramadan 1434 Hijriah, Kementerian Agama (Kemenag) dan sejumlah ormas akan menggelar sidang isbat pada Senin (8/7/2013) sore. Kemenag pun berharap agar semua tamu undangan bisa hadir, termasuk Muhammadiyah.

Menurut Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar, sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB sore nanti. Nasaruddin mengatakan bahwa undangan sudah disebar kepada sejumlah ulama dan pengurus ormas. “Saya kurang tahu itu jumlahnya,” katanya.

Meski sebelumnya Muhammadiyah sudah mengatakan tidak akan hadir saat sidang isbat, Nasaruddin mengaku tetap mengirim undangan untuk Muhammadiyah. Dia berharap agar ormas pimpinan Din Syamsuddin itu bisa hadir.

“Saya pastikan undangan sudah disampaikan, tetapi akan datang atau tidak saya tidak tahu,” kata Nasaruddin.

Sebelumnya, Muhammadiyah sudah menentukan bahwa awal Ramadan jatuh pada 9 Juli 2013 besok. Meskipun demikian, Nasaruddin tetap berharap agar perwakilan Muhammadiyah bisa hadir dalam sidang isbat nanti.

“Walau nanti awal puasa berbeda ya yang penting kan kita bisa silaturahmi,” ujar Nasaruddin, seperti dikutip dari detik.com, Senin (8/7/2013).

Hingga saat ini, pemerintah melalui Kemenag belum juga menentukan awal Ramadan 2013. Kemenag masih menunggu hasil sidang isbat yang baru akan digelar pada sore nanti. Meskipun demikian, banyak yang memperkirakan bahwa awal puasa versi Kemenag akan jatuh pada 10 Juli 2013.

Sementara itu, Muhammadiyah sudah menentukan 9 Juli 2013 sebagai awal puasa dan 8 Agustus 2013 sebagai Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah. Hal ini sudah disampaikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Kamis 13 Juni 2013 lalu.

Tarekat Naqsabandiyah juga sudah mulai puasa pada hari Minggu (7/7/2013) kemarin. Ormas yang beredar luas di Padang, Sumatera Barat itu menentukan awal puasa dengan metode perhitungan kalender hisab munjid.

(YG)

Comment di sini