Komentari Beda Awal Puasa, Wamenag Dilaporkan ke Komnas HAM

by
July 8th, 2013 at 11:37 am
Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar

Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar – Tempo.co

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar akan dilaporkan ke Komnas HAM atas komentarnya dalam acara Talk Show di TV One. Saat itu, Nasaruddin mengatakan bahwa pihak yang tidak mengikuti pemerintah sama saja tidak mematuhi Ulil Amri.

Dalam wawancara di TV One, Nasaruddin diminta untuk menyampaikan komentarnya mengenai perbedaan awal puasa. Namun, komentar Nasaruddin malah membuat mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Muhammad Izzul Muslimin merasa terintimidasi.

“Pernyataan Wamenag yang mengatakan mereka yang tidak mematuhi keputusan pemerintah berarti tidak taat pada Ulil Amri itu sangat provokatif. Saya sebagai warga Muhammadiyah merasa terintimidasi,” ujar Izzul, seperti dikutip dari detik.com, Senin (8//7/2013).

Mendapat keluhan tersebut, Nasaruddin pun sempat menyampaikan permohonan maaf. Nasaruddin menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak bermaksud menyinggung perasaan salah satu ormas yang berbeda awal puasanya dengan pemerintah.

“Sama sekali tidak ada maksud untuk memojokkan salah satu ormas,” kata Nasaruddin.

Meskipun demikian, Izzul tetap akan melaporkan Nasaruddin ke pihak Komnas HAM. Izzul menyerahkan semua keputusan kepada pihak Komnas HAM. “Saya tetap akan menyampaikan, masalah mau ditindaklanjuti atau tidak, saya serahkan ke Komnas HAM,” katanya.

Rencananya, Izzul akan datang ke kantor Komnas HAM sekitar pukul 12.00 WIB, Senin (8/7/2013). “Nanti ada beberapa rekan yang mendampingi,” tambahnya.

Seperti yang diketahui, awal puasa antara Muhammadiyah dengan Kementerian Agama diprediksi akan berbeda. Muhammadiyah mulai puasa pada 9 Juli 2013 besok, sementara Kementerian Agama diprediksi mulai puasa 10 Juli 2013.

Namun, Kementerian Agama (Kemenag) masih belum memberikan kepastian mengenai awal puasa. Pasalnya, Kemenag dan sejumlah ormas baru akan menggelar sidang isbat pada Senin, 8 Juli 2013 sore nanti.

(YG)

Comment di sini